Mempertahankan Perhatian Mahasiswa di Kelas

“Was the lecture interesting?” tanya saya kepada Rafael, putra tunggal saya yang berumur 9 tahun.

Dia menatap saya, terlihat terkejut, dan bertanya, “Is there any interesting lecture?”

Opini Rafael mungkin menggambarkan perasaan banyak siswa atau mahasiswa. Sering kali, kelas terasa membosankan, dan sulit bagi siswa untuk mempertahankan fokus pada materi yang dibahas.

Akan tetapi, gagasan dari profesor Sophie Oberstein mungkin bermanfaat.

Bagaimana jika kita meminta mahasiswa untuk membuat sketsa materi kuliah untuk membuat mereka sibuk dan lebih memperhatikan perkuliahan?

Lebih baik lagi, mereka bisa mengumpulkan sketsa tersebut sebagai bagian dari tugas kuliah untuk mendapatkan penilaian.

Bisa dicoba.

Referensi

Tulisan ini dimotivasi oleh Sophie Obserstein, guru besar tidak tetap di NYU, melalui tulisannya yang berjudul “Still Lecturing? Here’s How to Do It Better”.