Orang Asia sering disteriotipkan sebagai orang yang sopan, terutama dalam komunikasi verbal. Generalisasi ini dilestarikan dari kebiasaan orang Asia yang tidak hanya menggunakan pemilihan kata yang baik namun juga tercermin dari gerakan (gesture) dari seseorang yang sedang berkomunikasi baik menanggapi pembicaraan maupun dalam menyampaikan gagasan dengan lawan bicaranya. Dalam kesehariannya hal ini juga dilakukan untuk menghindari konflik dengan lawan bicara demi menghargai dan menjunjung tinggi hubungan antarmanusia dengan mengatur interaksi mereka guna menciptakan komunikasi yang efekif.

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada pada wilayah Asia Tenggara dengan negara berkepulauan terbesar di Asia Tenggara dengan lokasi yang strategis yaitu berada antara dua daratan benua Asia dan Australia, serta berada diantara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, sehingga sejarah Indonesia juga dipengaruhi oleh bangsa-bangsa lainnya. Dengan keadaan seperti ini, Indonesia menjadi pilihan yang paling strategis untuk perdagangan (bisnis) terutama dengan menggunakan jalur sutra serta jalur rempah  hal ini menjadi keuntungan tersendiri untuk Indonesia dalam perdagangan dunia. Hal ini terus berlanjut hingga saat ini, perdagangan dunia yang semakin mudah diakses bagi masyarakat luas.

Perlunya diberlakukan etika bisnis atau kesepakatan bisnis yang akan dijalankan oleh pihak-pihak terkait guna untuk mendorong perilaku karyawan (mulai dari tingkat eksekutif, manajemen hingga level staff. ketika karyawan membuat keputusan etis maka perusahaan membangun reputasi perusahaannya. Dalam perpaduan antara budaya Asia dan Barat serta bagaimana kesopanan ditampilkan dalam interaksi intrakultural dan mengungkap permasalahan budaya tersebut memberikan hasil respon yang berbeda terhadap masing-masing strategi bisnis.

Etika bisnis akan memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Peningkatan kemampuan untuk bernegosiasi
  2. Pengenalan merk dan pertumbuhan brand
  3. Meningkatnya kepercayaan terhadap produk dan layanan
  4. Meningkatnya retensi pelanggan
  5. Menarik Investor

Jika digabungkan senua faktor ini, maka akan mempengaruhi pendapatan bisnis

Beberapa etika bisnis yang dapat ditemui, yaitu:

  1. Tanggung Jawab Perusahaan (CSR)
  2. Transparansi dan Trustworthiness
  3. Teknologi praktis dan etika
  4. Fairness

 

Rahmanda Wulandari S.T., M.T