Hello ...

Belum lama ini, Program Studi S2 Teknik Industri, Binus Graduate Program, Universitas Nusantara mengundang Vincentius Surya Kurnia Adi PhD, asisten profesor dari National Chung Hsing University, Taiwan, sebagai dosen tamu.

Ketika mendengar penjelasan beliau, saya teringat mahasiswa-mahasiswi saya di BINUS-ASO School of Engineering. Sebagai dekan, kewajiban saya adalah membantu mengembangkan mereka untuk karir yang baik di masa depan. Saya terus mencari kesempatan buat mereka. Saya berharap anak-anak saya di BINUS-ASO bisa menjadi orang-orang dengan karrir yang hebat bukan saja di Indonesia tapi juga di luar negeri.

Sebelumnya, BINUS-ASO membuat MOU dengan Toyohashi University of Technology di Jepang. Dengan MOU itu, mahasiswa BINUS-ASO bisa belajar ke Jepang. Setiap tahun, kita mengirim lima mahasiswa internship ke TUT. Karena unjuk kerja yang luar biasa, dua mahasiswa ditawarkan beasiswa S2 di TUT.

Kembali ke Taiwan, pak Vincen menceritakan mengenai Taiwan Experience Education Program atau TEEP. Program ini diinisiasi oleh Menteri Pendidikan Taiwan semenjak 2015 dengan tujuan untuk memberikan pengalaman profesional melalui internship pada mahasiswa-mahasiswi internasional.

Program ini sangat mempermudah mahasiswa-mahasiswi untuk mendapatkan kesempatan belajar di sana.

Berikut, saya berikan video pendek bagaimana menemukan kesempatan internship melalui TEEP.

Semoga beruntung.

Last update 19 January 2024 by Prof. Dr. Eng. Fergyanto E. Gunawan