Mens et Manus
Mind & Hand

Mens et Manus atau Mind & Hand atau Pikiran dan Tangan adalah filosofi pendidikan yang dianut oleh institusi ternama MIT atau The Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat.

Filosofi ini terdengar sederhana tetapi menggambarkan dua elemen esensial untuk menjadi insinyur.

Filosofi ini diadopsi dari institusi terbaik di Eropa ketika itu. Dalam buku Mind and Hand: The Birth of MIT dikisahkan mengenai sejarah berdirinya MIT. Pada awalnya, MIT dibangun dengan mengemulasi institusi semacam Ecole Polytechnique di Perancis maupun Technical Universitat di Jerman.

Mind atau Pikiran menggambarkan aspek intelektual dari pendidikan. Institusi MIT menekankan pada proses belajar dengan disiplin yang tinggi, berpikir kritis, pemahaman mendalam, dan eksplorasi teoretis mengenai banyak subyek.

Hand atau Tangan menggambarkan kemampuan praktis dari edukasi.

MIT percaya bahwa pemahaman yang sebenarnya hanya bisa diperoleh melalui kombinasi antara pemahaman teori dan praktek, teori yang dijawantahkan, teori yang diwujudkan menjadi realitas.

Tanpa salah satunya, pengetahuan belumlah dikuasai dengan baik. Praktek tanpa teori adalah buta. Teori tanpa praktek adalah omong kosong.

BINUS-ASO School of Engineering adalah institusi pendidikan teknik di Indonesia yang mengadopsi filosofi ini. Itu sebabnya, di BINUS-ASO mahasiswa diwajibkan untuk berada di kampus dari pagi sampai sore untuk menyelesaikan teori dan praktek. Dengan pendekatan ini, BINUS-ASO sanggup menghasilkan insinyur yang terampil dan memiliki pengetahuan rekayasa yang baik.

Media massa, seperti Investor, telah sering melaporkan hasil karya mahasiswa-mahasiwa BINUS-ASO School of Engineering.

 

[Last updated: 24 August 2023 by Prof. Dr. Eng. Fergyanto E. Gunawan]