Tahun ini, lima mahasiswa Binus-ASO School of Engineering (BASE) melakukan magang di Toyohashi University of Technology (TUT) di Jepang. Lebih tepatnya, mereka meneliti di bawah bimbingan Prof. Uchiyama, guru besar dalam bidang System Engineering, Control Engineering, dan Mechatronics.

TUT adalah universitas teknologi selayaknya MIT di mana lulusannya diharapkan memiliki pengetahuan praktek dan juga teori. Banyak universitas di dunia hanya menonjolkan aspek teori. Akan tetapi institusi seperti MIT, dengan moto mens et manus atau mind and hand, atau universitas teknologi seperti TUT percaya bahwa pengetahuan yang berhubungan dengan rekayasa hanya bisa dikuasai dengan teori dan praktek. Praktek tanpa teori adalah buta; teori tanpa praktek adalah omong kosong.

Sebelum kelimanya kembali ke BASE, kami berdiskusi dengan dosen-dosen di TUT, membicarakan kualitas mahasiswa BASE. Hal-hal yang disampaikan sungguh di luar dugaan saya. Berikut, potongan videonya.

 

Dosen-dosen TUT mengatakan bahwa kualitas mahasiwa BASE sangat baik. Berkali-kali mereka menekankan bahwa mahasiswa BASE sangat sopan, "they are very polite." Pada akhirnya, TUT menawarkan mahasiswa BASE untuk mengajukan basiswa Monbukagakusho di Jepang untuk studi S2 mereka.

Buat adik-adik mahasiswa, ingat bahwa:

sopan santun sangat penting.

 

[Last updated: 10 August 2023 by Prof. Dr. Eng. Fergyanto E. Gunawan]