BINUS Luncurkan Prodi Business Engineering, Bagaimana Prospek Kerjanya?

Jakarta – Bina Nusantara (Binus)-ASO School of Engineering meluncurkan program studi Business Engineering yang merupakan integrasi cabang ilmu bisnis dan saintek.

Dosen Binus-ASO School of Engineering, Dimas Prasetyo, mengungkapkan Business Engineering merupakan pendekatan multidisiplin yang terintegrasi untuk mendukung proses bisnis di era revolusi industri 4.0

“Binus ASO School of Engineering melihat perkembangan teknologi sekarang dibutuhkan pendekatan multidisiplin yang terintegrasi,” ujar Dimas dalam acara BASE on Talks: We Prepare Future Leaders for The Society 5.0, yang digelar secara daring, Kamis (24/2/2022).

Dimas memaparkan jurusan Business Engineering adalah integrasi dari tiga disiplin ilmu yakni Operation Engineering, Ekonomi dan Bisnis, dan Teknologi Internet Of Things (IoT).

“Era ini kita dibanjiri informasi data dan juga diikutkan oleh IoT. Ketika kita semua terhubung dengan IoT, proses bisnis juga berubah. Sehingga mampu membuat proses bisnis menjadi lebih baik,” ujarnya.

Pemegang gelar Master of Business Administration dari National Taiwan University of Science and Technology itu pun menjelaskan setiap mahasiswa prodi baru ini akan dididik membuat sebuah pemikiran sistemik yang terintegrasi.

“Dari proses-proses bisnis yang ada, mereka bisa tahu mengintegrasikan dengan mengasah kemampuan operasional dan analisis,” ujar Dimas.

Setelah mengetahui proses bisnis dan sistemik, mahasiswa juga akan dibekali dengan teknik optimasi dan analisis data agar bisa memberikan solusi bisnis yang lebih optimal.

Dimas menuturkan ada beberapa mata kuliah pendukung agar mahasiswa mengerti beberapa domain fungsional dalam bisnis dengan perspektif teknik dan IoT.

“Seperti misalnya Engineering Economy, Financial Management, Perancangan Rencana Produksi dan Inventory Control, Sales Prediction and Marketing. Lalu dari sisi teknis akan dipelajari Teknik Optimalisasi, Statistika, dan ICT-IoT,” ujarnya.

Ia mengklaim prospek karier lulusan Business Engineering terbentang di berbagai industri seperti ICT, telekomunikasi, logistik dan transportasi, perbankan, dan asuransi.

Beberapa contohnya yakni Production Planner, Supply Chain Engineer, Relationship Manager, Financial Analyst, Supply Chain Analyst, Procurement Analyst, Data Engineering Analyst, Big Data Analyst, Wealth Manager Associate, Risk Analyst, dan lainnya.

Business Engineering merupakan prodi ketiga dalam Binus ASO. Program ini melengkapi mahasiswanya dengan keahlian pada bidang Financial Engineering, Data Analytics, and Supply Chain & Transportation Engineering.


Source: https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5957729/binus-luncurkan-prodi-business-engineering-bagaimana-prospek-kerjanya