Di akhir tahun 2023, pada tanggal 12 Desember, kampus BINUS ASO School of Engineering kedatangan tamu dari perusahaan SocioFuture, untuk berdiskusi mengenai kemungkinan kerjasama antara BINUS ASO School of Engineering dan SocioFuture.

SocioFuture merupakan perusahaan global yang memberikan memberikan layanan kepada bank, khususnya terkait manajemen dan operasional anjungan tunai mandiri atau ATM. SocioFuture didirikan di kota Kawasaki, prefektur Kanagawa, Jepang pada tahun 1998, awalnya dengan nama Japan ATM Co., Ltd. dengan bisnis utamanya memonitor mesin ATM di Jepang. Pada tahun 2022 Japan ATM Co., Ltd. melakukan merger dengan Japan ATM Human Solutions Co., Ltd. dan mengubah namanya menjadi SocioFuture. Saat ini perusahaan SocioFuture telah memonitor 58% atau 107.300 dari 185.300 mesin ATM di Jepang.

Di tahun 2011, perusahaan telah mulai membuka anak perusahaan maupun cabang di luar negeri. Dimulai dengan China pada Oktober 2011, Thailand pada April 2021, dan Singapura di Oktober 2022. Walaupun belum ada cabang di Indonesia, namun sejak April 2021, SocioFuture telah berinvestasi di perusahaan ATMi di Indonesia. ATMi merupakan perusahaan dengan jaringan mesin ATM yang tidak hanya berafiliasi dengan satu bank saja, namun dapat melayani pelanggan dari berbagai bank yang berbeda. Mesin ATM yang seperti ini sering disebut sebagai “white label ATM” karena tidak ekslusif melayani satu bank tertentu saja.

Kedatangan SocioFuture ke kampus BINUS ASO School of Engineering bertujuan untuk menjajaki kemungkinan mengembangkan bisnis di Asia Tenggara, khususnya di bidang pengembangan dan perawatan infrastruktur dan monitoring mesin ATM. Hal ini menunjukkan bahwa cakupan keahlian yang dimiliki mahasiswa di BINUS ASO School of Engineering juga medukung kebutuhan di industri perbankan, termasuk pengembangan dan monitoring mesin ATM.

Ir. Sofyan, S.Kom., M.Eng