Hi...

Nama saya Fergi, lengkapnya Fergyanto E. Gunawan.

Saat ini, saya bertanggungjawab sebagai Dekan atau Dean di BINUS-ASO School of Engineering (BASE).

Selamat datang di kampus BASE.

Di BASE, kami memiliki First Year Program atau FYP. Program ini untuk kamu, mahasiswa baru. FYP akan berlangsung satu tahun dan bertujuan mempermudah transisi kamu, para freshmen, dari pendidikan dasar ke pendidikan tinggi.

Selama FYP, kamu akan ditemani oleh mahasiswa senior. Kami menyebut mereka sebagai Freshmen Leader atau FL. Mahasiswa senior sudah tahu banyak mengenai BASE. Kamu, mahasiswa baru, bisa belajar banyak dari mereka. Kamu perlu membangun hubungan baik. Umur FL juga tidak jauh beda dengan umur kamu; sehingga, kamu akan mudah berkomunikasi dengan mereka.

Memulai hal baru sering kali tidak mudah apalagi di tingkat universitas. Apalagi, mahasiswa BASE berasal dari berbagai pelosok di Indonesia: Pontianak, Sulawesi Tengah, Jakarta, Semarang, dan berbagai tempat lainnya.

Di masa awal di kampus, kamu mungkin belum punya banyak teman, kamu mungkin masih kangen dengan keluarga di nun jauh sana, dan kamu mungkin belum tahu proses perkuliahan. Oleh sebab itu, kami membuat program FYP untuk menemani kamu.

Program FYP berisi banyak acara, termasuk permainan, dan sedikit hal-hal serius seperti kurikulum. Melalui program FYP, FL juga akan menemani kamu sepanjang tahun pertama. Mahasiswa baru bisa bertanya ke FL persoalan yang kamu jumpai di kampus.

Berikut catatan yang berhasil saya kumpulkan dari program FYP 2023.

Hari Pertama

Senin, 21 Agustus 2023.

Hari masih pagi; belum jam 8, tetapi mahasiswa-mahasiswa baru telah tiba di kampus BASE.

Kampus BASE tidak besar tapi mungil, bersih, hijau, terbuka, dan menyenangkan. Udara masih segar. Mahasiswa baru nampaknya datang dengan riang gembira.

Saya juga pernah merantau. Sudah tahu susahnya di tempat baru yang terasa asing, apalagi di hari-hari dan minggu-minggu awal. Saya berharap kamus, mahasiswa baru di BASE, segera betah dengan suasana kampus BASE.

Senang rasanya, di pagi ini, bisa menyambut kedatangan mahasiswa baru di lobby kampus BASE. Saya ingin menjadi orang pertama yang menyapa kamu semuanya, mengucapkan selamat datang, memperkenalkan diri, dan menyampaikan bahwa kamu semua akan aman di sini. Empat tahun lagi, kamu pasti menyelesaikan program yang diawali hari ini. Kita akan bersama-sama menyelesaikan perjalanan ini.

Selamat datang di BASE, BINUS-ASO School of Engineering.

Kamu sebagai mahasiswa baru tidak perlu khawatir. Para senior, para FL, telah menyiapkan program FYP dengan baik. Coba lihat di video di bawah ini bagaimana tim FL bersiap sebelum kamu tiba di kampus.

Teman-teman housekeeper juga telah bekerja keras membersihkan toilet dan mempersiapkan ruangan kelas. Kita sangat berterima kasih pada kerja keras mereka untuk membuat kita semua nyaman di kampus BASE.

Semua komputer di ruangan-ruangan kelas juga telah diperiksa dengan seksama dan siap untuk digunakan.

Pertama-tama tentunya adalah perkenalan. Saya dan rekan-rekan dosen lainnya masuk ke kelas dan memperkenalkan diri kami.

Yang berdiri di belakang itu adalah sebagian dosen-dosen BASE. Memang belum semuanya berada di tempat. Sebagian, masih berada di Fukuoka, Jepang, menemani mahasiswa senior yang sedang Summer Course.

Jangan khawatir, di minggu pertama perkuliahan, kamu akan segera berjumpa dengan mereka.

Hari pertama, kita akhiri dengan makan siang dan main pingpong. Buat kamu yang tidak bawa bekal, jangan khawatir. Di pojok kampus, ada kantin ibu Sulis yang menjual ayam goreng yang luar biasa enaknya. Di sampingnya, ada Link Coffee yang menjual macam-macam cake dan coffee dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagaimana?

Enakkan di kampus BASE. Jangan lupa, setelah makan, mohon gerak badan sedikit. Banyak fasilitas olahraga yang tersedia seperti meja pingpong, lapangan basket, dan meja football.

Mudah-mudahan hari pertama ini mengesankan buat kamu semuanya.

---

Hari Kedua

Selasa, 22 Agustus 2023.

Setelah seharian di kampus BASE yang kecil dan mungil itu, di hari kedua mahasiswa baru sepenuhnya berada di Kampus BINUSAlam Sutra.

Kampus ini memang gede banget. GOR juga besar.

Seperti yang saya bilang di atas, program FYP akan perlahan-lahan mengintegrasikan kamu, mahasiswa baru, ke lingkungan kampus. Jadi, banyak sekali program permainan dan olahraga bersama. Mudah-mudahan ini dengan ini, kamu mudah mendapatkan teman-teman baru. Btw, selama menjadi mahasiswa BASE, kamu bisa menggunakan GOR itu untuk bermain bulu tangkis, basket, dan sepak bola. Silahkan digunakan yah.

Yah, bagus, terus tahan. Coba stabilkan diri kamu dengan satu kaki.

Wow, tembakan bagus, 3 points.

Begitu dulu untuk saat ini. Segera, saya update kembali.

Cheers,

Fergi

[Last updated: August 22, 2023 by Prof. Dr. Eng. Fergyanto E. Gunawan]