Inovasi dari generasi muda merupakan salah satu kunci terpenting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sehingga perlu ada wadah bagi kreativitas mereka. Menyadari hal tersebut, BINUS ASO School of Engineering berinisiatif menyelenggarakan acara Product Design Engineering Exhibition pada tanggal 31 Juli dan 1 Agustus 2023 di Anggrek Campus BINUS @ Kemanggisan.

Acara ini akan menghadirkan berbagai hasil karya para mahasiswa program Product Design Engineering di BINUS ASO, dan publik bisa melihatnya secara langsung.

Sorotan Utama Product Design Engineering Exhibition BINUS ASO

Sesuai dengan namanya, Product Design Engineering Exhibition dari BINUS ASO terdiri dari berbagai booth yang menampilkan hasil inovasi para mahasiswa jurusan Product Design Engineering. Melalui ajang ini, para mahasiswa dapat menawarkan ide dan solusi kreatif untuk bermacam-macam masalah di dunia nyata.

Tak hanya hasil akhir berupa prototipe produk yang kasat mata, para partisipan juga diminta menunjukkan proses penciptaan ide dan produk dari awal sampai akhir. Dengan kata lain, hal ini juga mencakup tahap konseptualisasi hingga perancangan prototipe untuk menunjukkan kerja keras serta dedikasi mereka kepada pengunjung.

Selain itu, setiap produk dan inovasi para mahasiswa juga berdasarkan prinsip keberlanjutan (sustainability), sesuai dengan salah satu pilar utama SDG (sustainable development goals) dari PBB yang bersifat internasional. Jadi, perancangan produknya perlu mempertimbangkan dampak bagi lingkungan, baik jangka pendek maupun panjang, agar bisa meningkatkan pengalaman pengguna tanpa mengganggu kelestarian alam.

Tujuan dan Manfaat Diadakannya Pameran

BINUS ASO School of Engineering menyelenggarakan Product Design Engineering Exhibition dengan satu tujuan utama: memamerkan potensi kreatif para mahasiswanya.

Dengan mendesain berbagai produk dan memperkenalkannya kepada publik, mahasiswa berkesempatan menerapkan ilmu teori di kelas untuk memecahkan masalah di kehidupan nyata.  Selain itu, mereka juga bisa melatih kemampuan komunikasi secara bersamaan, sejalan dengan visi misi BINUS ASO untuk menciptakan ahli dengan hard skill dan soft skill yang matang.

Selama durasi acara ini, para mahasiswa tentunya akan memiliki waktu untuk melihat hasil karya rekan-rekannya. Dengan demikian, mereka akan termotivasi untuk mencari ide kreatif serta bertukar pikiran dengan sesama mahasiswa. Karena publik juga bisa mengunjungi lokasi pameran ini, mereka dapat menemukan inspirasi untuk mencapai prestasi serupa atau bahkan lebih baik dari para mahasiswa.

Tak hanya itu, pengunjung yang terdiri dari kalangan, awam, hingga tenaga pengajar bisa memberikan kritik dan saran mengenai hasil karya mahasiswa, sehingga partisipan mampu mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan inovasi mereka untuk meningkatkannya.

“Masukan dari orang awam maupun tenaga pengajar itu penting supaya rencana desain lebih komprehensif. Makanya, kami ingin memberi wadah bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang melalui karya mereka,” kata Ir. Yosica Mariana, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng yang menjabat sebagai Head of Product Design Engineering Program mengenai alasan dibukanya acara pameran ini bagi semua lapisan masyarakat.

Harapan BINUS ASO untuk Mahasiswa dan Publik

Dari tujuan penyelenggaraan Product Design Engineering Exhibition, BINUS ASO berharap bahwa semua pengunjung bisa mendapatkan inspirasi untuk terus berinovasi dan berkembang dari potensi serta kecemerlangan para mahasiswa program Product Design Engineering. Inspirasi ini tidak hanya berlaku untuk sesama mahasiswa, tetapi juga dosen dan orang luar.

Selain itu, BINUS ASO juga berekspektasi bahwa dengan dibukanya acara ini bagi kalangan umum, mahasiswa dapat menjalin koneksi yang diperlukan untuk berkolaborasi dengan pihak lain. Terutama, key figure di bidang engineering supaya karya mereka bisa diterapkan untuk skala yang lebih besar. Di balik kesempatan kolaborasi ini pun tersimpan ajang untuk bertukar wawasan tentang apa yang perlu ditingkatkan dari kualitas karya mahasiswa, sehingga mereka bisa terus belajar.

Pada akhirnya, lingkungan sarat kolaborasi dan pertukaran pikiran ini diharapkan dapat mencerminkan kualitas program Product Design Engineering BINUS ASO dan meningkatkan reputasi kampus agar semakin menarik perhatian calon mahasiswa baru untuk bergabung.

“Semoga saja Product Design Engineering Exhibition bisa mewujudkan semua harapan tersebut dan bermanfaat bagi semua orang,” ucap Ir. Yosica Mariana, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng tentang kesan pesan beliau.