Business Engineering merupakan program studi yang mempelajari segala hal pada pengaplikasian pengetahuan serta keahlian engineering dan information technology (IT) ke dalam area bisnis. Peluang karir lulusan studi ini sangat terbuka luas, bahkan mampu bersaing secara global. Hal ini karena para lulusannya sudah disiapkan menjadi sumber daya manusia yang kompeten untuk integrasi global dan regional.

Berdasarkan data dari World Economic Forum (2020) berikut adalah beberapa prospek karir yang akan memiliki peningkatan permintaan hingga lima tahun mendatang yang tentunya selaras dengan program studi Business Engineering:

Project Manager

Siapa sangka para lulusan Business Engineering bisa menjadi seorang project manager, lho. Para engineers sebenarnya juga bisa menangani bagian dari project management seperti bertanggung jawab untuk memimpin mulai dari proses inisiasi, perencanaan, pelaksanaan, kontrol, dan penyelesaian. Jadi, bisa dibilang profesi ini akan terus dicari oleh perusahaan hingga beberapa tahun ke depan.

Data Analysts dan Scientists

Di era society 5.0 ini, pekerjaan dibidang data merupakan peluang besar untuk kamu sebagai data enthusiast. Kedua pekerjaan ini membutuhkan skill pengetahuan matematika, statistika, dan computer science. Jika kamu merupakan seorang lulusan Business Engineering, kemampuan ini akan kamu dapatkan dibangku perkuliahan. Jenis pekerjaan ini juga semakin diperlukan pada setiap perusahaan. Tidak heran jika bayaran yang ditawarkan pun cukup menggiurkan.

Risk Management Specialist

Jika biasanya seorang risk management specialist merupakan seorang yang berasal dari jurusan ilmu ekonomi atau administrasi, lulusan business engineering bisa bekerja dibidang yang sangat paling dicari ini, lho. Pekerjaan ini akan terus dicari di masa mendatang karena turut berperan dalam mengidentifikasi risiko, keselamatan, atau keamanan yang mungkin akan dihadapi perusahaan. Gajinya pun sangat fantastis!

Beberapa prospek karir tersebut bukanlah satu-satunya bidang pekerjaan yang hanya bisa ditekuni oleh lulusan Business Engineering. Diantara prospek karir lainnya adalah production planner, data engineering analyst, industrial engineer, inventory manager, business process engineer, engineering analyst, process engineer, operations research analyst, researcher, business analyst, business consultant, wealth manager associate, market research analyst, investment analyst,  hingga seorang entrepreneur.

BINUS ASO School of Engineering (BASE) merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program tersebut. Tentunya, dengan fasilitas penunjang yang ditawarkan akan melengkapi kebutuhan belajar kamu. Dibekali dengan proyek satu tahun, akan memperkuat pengalaman industri di era society 5.0.