Tech-Infinity 2020

Introduction

Menginjak era industri 4.0, generasi muda kian dituntut untuk memiliki kemampuan berinovasi dan berkarya. Tentu saja, sebagai penerus bangsa, anak muda yang kini masih berada di bawah naungan institusi pendidikan diharapkan dapat mengikuti kemajuan teknologi yang begitu pesat, bahkan turut menjadi penggerak yang ulung dari revolusi tersebut.

Sama seperti keterampilan lain, kemampuan menghasilkan inovasi yang logis dan kreatif harus terus diasah. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai sarana. Oleh sebab itu Himpunan Mahasiswa BINUS ASO School of Engineering (HMB) menggelar sebuah kompetisi yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa maupun mahasiswa untuk menggunakan serta mengembangkan talenta secara sportif.

BINUS ASO School of Engineering (BASE) sendiri merupakan institusi Pendidikan Teknik hasil kerjasama antara BINUS University dan ASO College Group Japan, yang bercita-cita untuk membangun lulusan berbakat dan siap terjun ke dunia kerja. BASE memiliki 2(dua) jurusan khusus, yaitu Automotive and Robotics Engineering (ARE) – penggabungan teknik otomotif dan robotic, serta Product Design Engineering (PDE) – jurusan yang menkankan segi guna dan efektivitas dari produk yang diciptakan, tidak hanya segi estetika atau desain.

Diselenggarakan mulai tanggal 12 hingga 13 November 2020, kompetisi ini terdiri atas 2 (dua) jenis perlombaan yang sesuai dengan jurusan di fakultas BASE, yaitu kompetisi Automation Robotics dari jursan ARE dan kompetisi Product Design dari jurusan PDE – semuanya dikemas dalam satu kesatuan berjudul Tech-Infinity.


Battle Chamber

Kategori: UMUM (SMA/Mahasiswa)

Battle Chamber merupakan kompetisi Sumo Robot dimana dua robot akan bertanding dalam sebuah arena berbentuk lingkaran layaknya olahraga sumo dimana setiap robot akan berusaha untuk mendorong lawannya keluar dari arena sembari menjaga dirinya agar tidak keluar dari arena. Sebuah robot akan mendapatkan poin setiap menang dan akan diakumulasi untuk memilih pemenangnya.

RUNDOWN

  1. Kompetisi akan diadakan selama 2 hari. 12-13 November 2020 yang terdiri dari opening. 3 tahap babak (penyisihan, Semi-final, dan perlombaan, dan closing).
  2. Pada Technical Meeting Online, 10 Oktober 2020. Peserta akan diberikan pengarahan mengenai lomba beserta sistem penilaian. Panitia Lomba akan menjelaskan dengan teknis lomba secara rinci dan akan diadakan sesi Q&A antara peserta dan panitia lomba. Para peserta juga akan dibekali dengan informasi tentang cara mengontrol robot battle chamber yang baik dan benar untuk perlombaan.
  3. Pada tanggal 12 November 2020. Peserta battle chamber akan mengikuti opening online dan akan mengikuti babak penyisihan pertama untuk menentukan semifinalis, serta akan dilaksanakan semi-final untuk menentukan para finalis.
  4. Pada hari berikutnya 13 November 2020. Peserta yang telah lolos dari babak semi-final akan mengikuti babak final untuk menentukan juara 1,2, dan 3. Dilanjutkan dengan sesi closing online untuk peserta Battle Chamber 1 kg dan closing ditempat untuk peserta final Battle Chamber 3kg.

Kriteria Peserta

  1. Kompetisi Battle Chamber yang diadakan terdapat 2 kategori, yaitu:
  • Battle Chamber 1 kg untuk umum
  • Battle Chamber 3 kg untuk umum
  1. Setiap peserta yang mengikuti lomba Battle Chamber adalah :
  • Satu kelompok terdiri dari 3 peserta yang berasal dari sekolah/universitas yang sama.
  • Siswa atau mahasiswa/i, dibuktikan dengan membawa kartu mahasiswa/pelajar.
  • Masyarakat dari kalangan umum berusia maksimal 30 (tiga puluh) tahun dan berpendidikan maksimal S1 atau sederajat.
  1. Seluruh peserta yang mengikuti perlombaan harus sudah menyelesaikan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia lomba.*
  1. Setiap kelompok diwajibkan untuk membawa setidaknya 1 (satu) laptop.
  1. Peserta diwajibkan untuk mengenakan name tag yang akan diberikan pada saat pendaftaran ulang berlangsung.

Baca selengkapnya di sini.


RES (Robo Evolution Soccer)

Kategori: UMUM (SMA/Mahasiswa)

Robo Evolution Soccer merupakan kompetisi ‘Soccer Robot’ yang terdiri atas 2 robot per tim. Pertandingan dilaksanakan dalam arena yang dibuat serupa dengan lapangan sepak bola. Target masing-masing tim adalah untuk memasukkan bola sebanyak mungkin ke dalam gawang lawan. Dan pada saat bersamaan menjaga gawang milik sendiri dari serangan lawan. Tim dengan jumlah gold terbanyak akan memenangkan pertandingan.

Rundown

  1. Kompetisi akan diadakan selama 2 hari. 12-13 November 2020 yang terdiri dari opening, 3 tahap babak (penyisihan, Semi-final, dan final) dan closing.
  2. Pada Technical Meeting Online, 10 Oktober 2020. Peserta akan diberikan pengarahan mengenai lomba beserta sistem penilaian. Panitia Lomba akan menjelaskan dengan teknis lomba secara rinci dan akan diadakan sesi Q&A antara peserta dan panitia lomba. Para peserta juga akan dibekali dengan informasi tentang cara mengontrol robot RES( Robo Evolution Soccer) yang baik dan benar untuk perlombaan.
  3. Pada tanggal 12 November 2020. Peserta RES (Robo Evolution Soccer) mengikuti opening online menggunakan aplikasi zoom.
  4. Pada hari berikutnya 13 November 2020. Seluruh Peserta akan mengikuti babak penyisihan pertama untuk menentukan semifinalis. Serta akan dilaksanakan semi-final untuk menentukan para finalis. Peserta yang telah lolos dari babak semi-final akan mengikuti babak final untuk menentukan juara 1, 2 dan 3. Dilanjutkan dengan closing online menggunakan aplikasi zoom.

Kriteria Peserta

  1. Setiap peserta yang mengikuti lomba RES (Robo Evolution Soccer) adalah:
    – Satu kelompok terdiri dari 3 peserta yang berasal dari Sekolah/Universitas yang sama.
    – Siswa atau Mahasiswa/i, dibuktikan dengan membawa kartu mahasiswa/pelajar.
    – Masyarakat dari kalangan umum berusia maksimal 30 (tiga puluh) tahun dan berpendidikan maksimal S1 atau sederajat.
  2. Satu kelompok membuat 2 buah robot.
  3. Robot yang dipertandingkan dibawa dalam kondisi sudah dirakit oleh masing-masing tim.
  4. Peserta diperbolehkan membawa peralatan perbaikan masing-masing jika perlu memperbaiki robot pada waktu yang akan disediakan.
  5. Robot yang akan dipertandingkan harus memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditentukan.
  6. Seluruh peserta yang mengikuti perlombaan harus sudah menyelesaikan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia lomba.
  7. Peserta diwajibkan untuk mengenakan name tag yang akan diberikan pada saat pendaftaran ulang berlangsung.

Baca selengkapnya di sini.


Maze Escape

Kategori: Sekolah (SMA)

Maze Escape merupakan kompetisi untuk mencari robot yang dapat kelaur dari labiri dengan waktu tercepat. Robot harus deprogram terlebih dahulu dan tidak boleh dikendalikan secara manual oleh peserta lomba. Robot diperbolehkan menggunakan Teknik dan sensor apapun untuk mencari jalan kelaur. Kecuali merusakm, menghancurkan, atau melompati dinding-dinding labirin.

Rundown

  1. Kompetisi akan diadakan selama 2 hari. 12-13 November 2020 yang terdiri dari opening, 3 tahap babak (penyisihan, Semi-final, dan final) dan closing.
  2. Pada Technical Meeting Online, 10 Oktober 2020. Peserta akan diberikan pengarahan mengenai lomba beserta sistem penilaian. Panitia Lomba akan menjelaskan dengan teknis lomba secara rinci dan akan diadakan sesi Q&A antara peserta dan panitia lomba. Para peserta juga akan dibekali dengan informasi tentang cara mengontrol robot Maze Escape yang baik dan benar untuk perlombaan.
  3. Pada tanggal 12 November 2020. Peserta Maze Escape mengikuti sesi opening workshop dan mentoring untuk menjalankan robot. Setelah itu peserta yang bisa menjalankan robotnya akan mengikuti babak perlombaan untuk menentukan juara 1m2 dan 3.
  4. Pada hari berikutnya 13 November 2020. Peserta akan mengikuti closing acara Tech-Infinity secara online menggunakan aplikasi zoom

Kriteria Peserta

  1. Setiap peserta yang mengikuti lomba Maze Escape adalah :
    – Pelajar tingkat SMA/SMK/Sederajat, dibuktikan dengan membawa kartu pelajar.
    – Satu kelompok terdiri dari 2 (dua) – 3 (tiga) peserta dari sekolah yang sama.
  2. Satu kelompok membuat 1 buah robot.
  3. Robot yang dipertandingkan dibawa dalam kondisi sudah dirakit oleh masing-masing tim.
  4. Peserta diperbolehkan membawa peralatan perbaikan masing-masing jika perlu memperbaiki robot pada waktu yang akan disediakan.
  5. Robot yang akan dipertandingkan harus memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditentukan.
  6. 1 kelompok harus membawa minimal 2 laptop untuk pemograman robot pada saat sesi workshop dan practice.
  7. Seluruh peserta yang mengikuti perlombaan harus sudah menyelesaikan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia lomba.
  8. Peserta diwajibkan untuk mengenakan name tag yang akan diberikan pada saat pendaftaran ulang berlangsung.

Baca selengkapnya di sini.


3D Design

Kategori: SEKOLAH(SMA)

3D Design merupakan kompetisi yang ditujukan kepada peserta SMA.SMK/Sederajat dengan kelompok 2-3 orang. Peserta akan membuat desain produk 3D berbasis aplikasi sesuai tema yang telah ditentukan. Penilaian akan dilaksanakan berdasarkan fungsionalitas, inovasi, dan estetika produk. Serta keterampilan menyampaikan presentasi

RUNDOWN

  1. Kompetisi akan diadakan selama 2 hari. 12-13 November 2020.
  2. Pada Technical Meeting Online, 10 Oktober 2020. Peserta akan diberikan pengarahan mengenai lomba beserta sistem penilaian. Panitia Lomba akan mengumukan tema lomba dan juga menjelaskan peraturan
  3. Pada tanggal 12 November 2020, seluruh peserta mulai mendesain 3D model produk mereka dengan bimbingan mentor dari panitia bila dibutuhkan.
  4. Pada hari berikutnya 13 November 2020. Semua peserta akan membuat presentasi dan mempresentasikan hasil kerja mereka kepada dewan juri untuk dinilai.

Kriteria Peserta

  1. Peserta lomba merupakan siswa/i aktif jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) / SMK / Sederajat
  2. Peserta merupakan kelompok beranggotakan 2-3 individu yang terdaftar dalam satu sekolah yang sama
  3. Anggota kelompok boleh berasal dari angkatan yang berbeda.
  4. Satu orang hanya dapat terdapat dalam satu tim dan tidak dapat digantikan dengan alasan apapun.
  5. Peserta dianggap mengikuti lomba apabila sudah memenuhi seluruh persyaratan administrasi.

Baca selengkapnya di sini.


3D Design & Mock-Up

Kategori: UNIVERSITAS(Mahasiswa)

3D Design & Mock-Up merupakan sebuah kompetisi yang ditujukan kepada mahasiswa dengan kelompok 2-3 orang. Peserta akan diminta untuk membuat proposal mini berisi desain produk 3D dan purwarupa/Mock-Up sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Peserta juga akan membuat desain produk 3D untuk menjawab permasalahan dari studi kasus yang diberikan. Penilaian akan dilaksanakan berdasarkan fungsionalitas, Inovasi, dan estetika produk. Serta keterampilan menyampaikan presentasi.

Rundown

  1. Kompetisi akan diadakan selama 2 hari. 12-13 November 2020.
  2. Pada Technical Meeting Online, 10 Oktober 2020. Peserta akan diberikan pengarahan mengenai lomba beserta sistem penilaian. Panitia Lomba akan mengumukan tema lomba dan juga menjelaskan peraturan
  3. Pada tanggal 12 November 2020, seluruh peserta mulai mengerjakan study case dengan bimbingan mentor dari panitia bila dibutuhkan. Peserta akan mempresentasikan study case mereka di penghujung hari.
  4. Pada hari berikutnya 13 November 2020. Semua peserta akan mengumpulkan 3D Design dan Mock-Up mereka. presentasi serta mempresentasikan hasil kerja mereka kepada dewan juri untuk dinilai.

Kriteria Peserta

  1. Peserta lomba merupakan mahasiswa/i aktif jenjang serjana atau diploma.
  2. Peserta merupakan kelompok beranggotakan 2-3 individu yang terdaftar dalam satu sekolah yang sama.
  3. Dalam satu kelompok, terdapat minimal satu anggota dari jurusan Product Design atau Teknik industri.
  4. Anggota kelompok boleh berasal dari angkatan yang berbeda.
  5. Satu orang hanya dapat terdapat dalam satu tim dan tidak dapat digantikan dengan alasan apapun.
  6. Peserta dianggap mengikuti lomba apabila sudah memenuhi seluruh persyaratan administrasi.

Baca selengkapnya di sini.


Peraturan Tech-Infinity 2020

Baca selengkapnya di sini.


Registrasi

Player

Item Registrasi Walk Out
Battle Chamber 1 Kg Rp. 300.000 Rp. 75.000
Battle Chamber 3 Kg Rp. 400.000 Rp. 100.000
R.E.S (Robo Evolution Soccer) Rp. 450.000 Rp. 112.500
Maze Escape Rp. 150.000 Rp. 37.500

Prodigy

Item Registrasi Walk Out
3D Design Rp. 200.000 Rp. 50.000
3D Design & Mock-Up Rp. 300.000 Rp. 75.000

Prize Pool

ARE (PLAYER)

Battle Chamber 1 Kg

Juara 1 Rp. 3.000.000 + Scholarship 100%
Juara 2 Rp. 1.500.000 + Scholarship 50%
Juara 3 Rp. 750.000 + Scholarship 25%

Battle Chamber 3 Kg

Juara 1 Rp. 4.500.000 + Scholarship 100%
Juara 2 Rp. 2.100.000 + Scholarship 50%
Juara 3 Rp. 1.200.000 + Scholarship 25%

RES (Robo Evolution Soccer)

Juara 1 Rp. 4.800.000 + Scholarship 100%
Juara 2 Rp. 3.000.000 + Scholarship 50%
Juara 3 Rp. 1.350.000 + Scholarship 25%

Maze Escape

Juara 1 Rp. 600.000 + Scholarship 100%
Juara 2 Rp. 450.000 + Scholarship 50%
Juara 3 Rp. 240.000 + Scholarship 25%

PDE (PRODIGY)

3D Design

Juara 1 Rp. 2.000.000 + Scholarship 100%
Juara 2 Rp. 1.000.000 + Scholarship 50%
Juara 3 Rp. 500.000 + Scholarship 25%
Juara Favorit Rp. 500.000

3D Design & Mock-Up

Juara 1 Rp. 3.000.000
Juara 2 Rp. 1.500.000
Juara 3 Rp. 750.000
Juara Favorit Rp. 750.000

Contact Person

Player
Kategori: SEKOLAH (SMA)
Markus Sugianto
Line : markus110123
WA : 081298662277

Kategori: UMUM(SMA/Mahasiswa)
Fadli Due
Line : fadlidue
WA : 081318499416

Prodigy
Kategori: SEKOLAH (SMA)
Kevin Jonathan
Line: Kevinjo127
WA: 081315902725

Player
Kategori:Umum(SMA/Mahasiswa)
Rama Aditya
Line: rama624
WA: 085219929181