Automatic Suspension

1. Abstrak

Banyak pengemudi mempunyai masalah saat bermanuver, kita harus memperlambat kecepatan mobil untuk mengurangi ketidakseimbangan yang dapat mengakibatkan body roll mobil kita, terutama dalam tikungan yang sangat tajam. Maka dari itu kelompok kami menemukan suatu inovasi yang sangat membantu para pengemudi agar dapat mengurangi resiko kecelakaan pada saat berkendara di tikungan. Inovasinya adalah automatic suspension. Fungsi dari inovasi kami adalah untuk meminimalkan body roll pada mobil agar mobil lebih stabil pada saat bermanuver atau belok.

2. Latar Belakang

Jumlah kendaraan roda empat yang semakin meningkat di Indonesia. Hal ini diimbangin dengan meningkatnya kecelakaan khususnya pada masalah body roll. Kebanyakan kendaraan roda empat di Indonesia masih mengalami kecelakaan pada saat berkendara di tikungan, hal ini dikarenakan pengemudi yang kehilangan kendali. Untuk itu kami menawarkan suatu inovasi untuk menstabilkan mobil pada saat bermanuver. Kami berharap system Automatic Suspension ini dapat membantu mengurangi permasalahan ini.

Gambar 1. Ilustrasi cara kerja sistem

3. Tujuan

Memberikan kemudahan para pengemudi pada saat bermanuver di tikungan, sehingga mereka lebih merasa aman ketika mereka bermanuver atau belok pada kecepatan tertentu.

4. Inovasi

Sistem Automatic Suspension yang kami buat ini menggunakan sensor ultrasonik yang dapat mendeteksi kecepatan mobil secara real time, yang selalu mengirim sinyal ke komputer. Komputer kemudian akan mengurangi tekanan udara dari empat titik suspensi. Hal ini membuat suspensi menjadi keras namun mengurangi body roll sehingga handling mobil pun lebih stabil.

5. Peluang Bisnis

Kami memiliki peluang bisnis yang besar di Indonesia bahkan dunia karena masih banyak pengemudi yang lalai dan menganggap sepele masalah ini, apa lagi di kota besar banyak jalanan luas. Mengapa di katakan cukup besar karena dengan adanya inovasi ini lebih meminimalkan kecelakaan yang terjadi

6. Metode Kerja

Cara kerjanya, mobil berjalan seperti normal, pada saat mesin dinyalakan komputer juga ikut menyala dan selalu siap, sensor ultrasonik akan selalu mengirim sinyal secara real time kepada komputer. Ketika kecepatan mobil mulai di atas 80km/h, komputer akan langsung memerintahkan suspensi udara untuk mengecilkan tekanan lalu mobil akan mendapatkan handling yang maksimal.

Gambar 2. Alur kerja system yang diusulkan.

7. Kesimpulan

Proyek ini akan membantu para pengemudi untuk mendapatkan rasa aman pada saat berkendara. Teknologi ini juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan pada saat berkendara.

Written by: Willy, Faris, Dodo, Lim  

References:

[1]: https://www.airrunnersystems.com/air-suspension/wp-content/themes/protype/images/kit-info/system/air-runner-up-down.jpg