Winda Astuti
Automotive and Robotics Engineering,BINUS ASO School of Engineering, Bina Nusantara University
Jl. Alam Sutera Boulevard no.1, Alam Sutera-Serpong, Tangerang-Banten 15325
E-mail: wastuti@binus.edu

Dengan eskalasi besar dalam globalisasi revolusi industri 4.0 (Bank, 2017), keselamatan menjadi satu masalah yang tak terelakkan untuk diatasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, sistem pengapian otomatis pada kendaraan bermotor berdasarkan pengenalan suara, menjadi salah satu ide untuk mendukung sistem pengamanan kendaraan bermotor. Diharapkan dengan sistem pengamanan yang menggunakan biometric ini dapat menjadi satu trobosan pengaman yang lebih baik. Tujuan di balik ini adalah untuk memiliki kontrol atas perangkat elektronik, sistem jaminan efisiensi dan keselamatan sebagai suara Anda adalah satu-satunya bagian kunci yang dibutuhkan (Astuti & E. Byan Wahyu Riyandwita, 2016). Proyek itu sendiri menargetkan untuk mengidentifikasi suara. Sistem ini dapat diterapkan di seluruh dunia otomotif.


Gambar 1. Sistem pengamanan kendaraan bermotor menggunakan metode biometric berupa suara manusia.

Gambar 1. menunjukkan sistem pengamanan kendaraan bermotor diberikan kewenangan hanya dengan cara pengguna terdaftar berbicara ke mikrofon terpasang pada sistem.

Sistem yang diusulkan kemudian akan memutuskan apakah akan menerima atau menolak klaim identitas pengguna atau mungkin melaporkan tidak cukup percaya diri dan meminta masukan tambahan sebelum membuat keputusan. Selanjutnya, setelah keputusan dari pemilik kendaraan diketahui, keputusan tersebut akan mengaktifkan Arduino yang akan mengaktifkan relay untuk menyalakan kendaraan.

Pendekatan sistem cerdas digunakan untuk mengembangkan model orang yang berwenang berdasarkan suara mereka. Pendekatan baru untuk mengidentifikasikan pembicara berdasarkan suara mereka akan menggunakan Support Vector Machines (SVM) akan ditampilkan dalam karya ini. Sistem ini akan mengidentifikasi orang-orang yang berwenang dan tidak sah. Hasil percobaan menegaskan efektivitas sistem yang diusulkan cerdas berbasis suara untuk menyalankan mesin mobil akses berdasarkan tingkat penerimaan palsu dan tingkat penolakan palsu (the false acceptance rate and false rejection rate) (Winda et al., 2017).


REFERENSI

Astuti, W., & E. Byan Wahyu Riyandwita. (2016). INTELLIGENT AUTOMATIC STARTING ENGINE BASED ON VOICE RECOGNITION. In IEEE SCOReD 2016.

Bank, A. D. (2017). What does the Fourth Industrial Revolution mean for regional economic integration ?

Winda, A., Byan, W. R. E., Sofyan, Armansyah, Zariatin, D. L., & Josep, B. G. (2017). Motorcycle Start-Stop System based on Intelligent Biometric Voice Recognition. IOP Conf. Series: Material Science and Engineering, 187(1), 3–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001