“SHARKY” Salah Satu Robot Ciptaan Mahasiswa BASE

Kembali melahirkan karya, mahasiswa BASE bernama Vincent Wong, Vincent, Federick Halim, dan Megumi Kanta membuat robot bernama Sharky. Mendengar nama Sharky, pasti sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. karena bentuknya yang menyerupai ikan hiu (shark). Terinspirasi dari ikan hiu karena memiliki tubuh yang aerodinamis. Sharky memiliki kemampuan untuk mencari jalan keluar dari labirin. Sama seperti ikan hiu, Sharky merupakan robot pintar dan cepat.

Sharky bekerja dengan mendeteksi garis hitam di lantai menggunakan beberapa sensor yang terpasang di badannya. Sambil berjalan mengikuti garis, Sharky juga menentukan arah berbelok ketika menemukan percabangan dengan tujuan untuk mencari garis finish. Sambil berjalan Sharky juga mengingat belokan yang telah diambil agar dapat kembali ke garis start dengan cepat tanpa perlu mencari lagi.

Untuk mengendalikan gerakannya Sharky didukung oleh arduino. Arduino berfungsi seperti otak yang menganalisa data dari sensor serta mengendalikan gerakan Sharky. Seperti halnya manusia yang membutuhkan otak untuk bisa berpikir dan mengambil keputusan, Arduino pada Sharky dibutuhkan untuk mencari jalan keluar dari labirin.

Keahlian Sharky untuk mencari jalan keluar dari labirin membuat Vincent Wong, Vincent, Federick Halim, dan Megumi Kanta percaya diri untuk memenangkan berbagai perlombaan dengan Sharky.