Pada hari Sabtu, 28 Mei 2016 kemarin, BINUS ASO School of Engineering mengadakan sebuah kegiatan kompetisi yang diadakan di Living World Alam Sutera. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa BASE ini di adakan selama 2 hari. Pada hari pertama yang berlangsung pada tanggal 28 Mei diisi oleh kegiatan Maze Solver Competition Stage 1 yang merupakan babak eliminasi tahap pertama. Dan pada hari berikutnya, yaitu pada tanggal 29 Mei 2016 diadakan Maze Solver Competition Stage 2, yang merupakan tahap final.

Selain kegiatan kompetisi, acara ini juga didukung oleh kegiatan trial workshop. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah selain menambah pengalaman mahasiswa-mahasiswa BASE untuk bersaing secara sehat juga Mengasah kemampuan algoritma, meningkatkan kerjasama tim, apresiasi kerja keras, inisiatif mempelajari hal baru, pada kompetisi ini mahasiswa/mahasiswi dapat belajar untuk mengaplikasikan konsep yang sudah dipelajari.

Kompetisi ini memancing mahasiswa BASE untuk bisa langsung mempraktikan karya robotnya, Mengetahui seberapa pintar robot yang dibuat agar dapat mengikuti garis/maze/rintangan yang dilalui oleh robot tersebut. Kompetisi ini terdiri dari 8 kelompok, dimana masing-masing kelompok beranggotakan sekitar 4-6 orang yang harus bisa mengapilkasikan robot mereka untuk mengikuti garis, yang sudah ditentukan, layaknya permainan maze runner.

Robot yang dinyatakan menang adalah robot yang mampu mencapai garis finis lalu dari 8 kelompok yang ada akan dipilih 4 kelompok untuk masuk babak semifinal dan dari 4 kelompok ini hanya 3 yang akan dipilih sebagai  juara.

Kegiatan Maze Solver Robot Competition ini merupakan acara pertama yang dilakukan di luar kampus, tetapi dengan sistem continuous improvement yang dilakukan oleh mahasiswa atau mahasiswi BASE pasti akan ada kelanjutannya dan lebih baik dari sebelumnya.

Harapannya, dengan  adanya acara ini dapat meningkatkan  rasa percaya diri mahasiwa/mahasiswi BASE yang sudah membuat hasil karyanya dari awal sampai akhir sehingga kedepan lebih dapat berkembang dengan baik. (PM)

CreativeEngineering02-640x242