1. Abstrak

Banyak kecelakaan lalu lintas di Indonesia terjadi karena kesalahan pengemudi yang tidak bisa menjaga fokus pada lalu lintas, hal itu bisa terjadi karena berbagai macam hal seperti kantuk atau mabuk dan tidak ada yang mengingatkan keadaan mereka sehingga dapat menimbulkan kecelakaan. Maka dari itu kami menawarkan solusi dari kami yaitu heartbeat sensor seat belt yang dapat membantu pengemudi saat berkendara.

2. Latar Belakang

Jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah mengakibatkan peningkatan jumlah pengguna mobil [2], meningkatnya jumlah mobil merupakan salah satu factor terjadinya kecelakaan [3]. Salah satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah karena kantuk [4], dan juga karena pengendara mabuk [5]. Karena itu kami menawarkan solusi baru untuk pengendara mobil berupa Seat Belt dengan kemampuan untuk mendeteksi detak jantung manusia untuk mengetahui keadaan pengemudi. Kami harap inovasi kami dapat memudahkan dan menambah keamanan pengemudi saat berkendara.

Gambar 1. Ilustrasi Sabuk Pengaman

3. Tujuan

Tujuan dari teknologi ini adalah untuk membantu para pengemudi mobil untuk lebih fokus mengemudikan mobilnya, dan untuk membantu para pengemudi dalam kondisi darurat atau tidak layak mengemudi.

4. Inovasi

Inovasi yang diterapkan dalam teknologi ini adalah menggunakan sensor laser yang sudah dikembangkan untuk mengukur dan menganalisis detak jantung untuk memonitor kondisi kesehatan pengemudi secara akurat di jalanan.

5. Peluang Bisnis

Kami memiliki peluang bisnis yang besar di Indonesia karena sebagian besar penduduk di kota sudah memiliki mobil, dan inovasi kami dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

6. Metode Kerja

Cara kerja alat ini adalah, pertama-tama ketika sabuk mendeteksi detak jantung melalui sensor laser yang ada pada sabuk, kemudian sistem pada sabuk akan memproses data yang diterima dari sensor kemudian memberikan feedback berupa notifikasi atau peringatan kepada pengguna atau nomor darurat yang terlebih dahulu sudah diregistrasi pengguna.

Gambar 2. Alur kerja system yang diusulkan.

7. Kesimpulan

Proyek ini akan membantu untuk mencegah angka kecelakan yang disebabkan oleh kondisi kesehatan fisik pengemudi saat mengendarai mobil. Teknologi ini juga akan membantu sang pengguna dalam kondisi tidak layak mengemudi / kondisi darurat saat berada di jalanan.


Written by: Christopher, Hendy, Janssen, Spencer

References:

1. https://carfromjapan.com/wp-content/uploads/2017/11/Feature-Image-15.jpg
2. https://www.antaranews.com/berita/473169/jumlah-motor-dan-mobil-di-jakarta-tumbuh-12-persen-tiap-tahun
3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/05/24/berapa-jumlah-kecelakaan-lalu-lintas-di-indonesia
4. https://www.merdeka.com/ramadan/polri-angka-kecelakaan-tertinggi-disebabkan-kantuk.html
5. https://www.suara.com/news/2017/06/26/083958/banyak-korban-tewas-polisi-siap-proses-hukum-pengendara-mabuk