People Innovation Excellence
 

Automatic Suspension

1. Abstrak

Banyak pengemudi mempunyai masalah saat bermanuver, kita harus memperlambat kecepatan mobil untuk mengurangi ketidakseimbangan yang dapat mengakibatkan body roll mobil kita, terutama dalam tikungan yang sangat tajam. Maka dari itu kelompok kami menemukan suatu inovasi yang sangat membantu para pengemudi agar dapat mengurangi resiko kecelakaan pada saat berkendara di tikungan. Inovasinya adalah automatic suspension. Fungsi dari inovasi kami adalah untuk meminimalkan body roll pada mobil agar mobil lebih stabil pada saat bermanuver atau belok.

2. Latar Belakang

Jumlah kendaraan roda empat yang semakin meningkat di Indonesia. Hal ini diimbangin dengan meningkatnya kecelakaan khususnya pada masalah body roll. Kebanyakan kendaraan roda empat di Indonesia masih mengalami kecelakaan pada saat berkendara di tikungan, hal ini dikarenakan pengemudi yang kehilangan kendali. Untuk itu kami menawarkan suatu inovasi untuk menstabilkan mobil pada saat bermanuver. Kami berharap system Automatic Suspension ini dapat membantu mengurangi permasalahan ini.

Gambar 1. Ilustrasi cara kerja sistem

3. Tujuan

Memberikan kemudahan para pengemudi pada saat bermanuver di tikungan, sehingga mereka lebih merasa aman ketika mereka bermanuver atau belok pada kecepatan tertentu.

4. Inovasi

Sistem Automatic Suspension yang kami buat ini menggunakan sensor ultrasonik yang dapat mendeteksi kecepatan mobil secara real time, yang selalu mengirim sinyal ke komputer. Komputer kemudian akan mengurangi tekanan udara dari empat titik suspensi. Hal ini membuat suspensi menjadi keras namun mengurangi body roll sehingga handling mobil pun lebih stabil.

5. Peluang Bisnis

Kami memiliki peluang bisnis yang besar di Indonesia bahkan dunia karena masih banyak pengemudi yang lalai dan menganggap sepele masalah ini, apa lagi di kota besar banyak jalanan luas. Mengapa di katakan cukup besar karena dengan adanya inovasi ini lebih meminimalkan kecelakaan yang terjadi

6. Metode Kerja

Cara kerjanya, mobil berjalan seperti normal, pada saat mesin dinyalakan komputer juga ikut menyala dan selalu siap, sensor ultrasonik akan selalu mengirim sinyal secara real time kepada komputer. Ketika kecepatan mobil mulai di atas 80km/h, komputer akan langsung memerintahkan suspensi udara untuk mengecilkan tekanan lalu mobil akan mendapatkan handling yang maksimal.

Gambar 2. Alur kerja system yang diusulkan.

7. Kesimpulan

Proyek ini akan membantu para pengemudi untuk mendapatkan rasa aman pada saat berkendara. Teknologi ini juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan pada saat berkendara.

Written by: Willy, Faris, Dodo, Lim  

References:

[1]: https://www.airrunnersystems.com/air-suspension/wp-content/themes/protype/images/kit-info/system/air-runner-up-down.jpg


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close