People Innovation Excellence
 

ENHANCED SMART POWER

Dunia transportasi mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari masa ke masa dan saat ini transportasi sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh semua orang karena mampu mempersingkat waktu untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Apalagi di era sekarang ini yang semuanya sudah berbasis teknologi, tentu alat-alat transportasi juga mengalami perkembangan dalam hal fitur-fitur dan teknologi-teknologi yang fungsinya untuk menciptakan kenyamanan saat berkendara dan meningkatkan kewaspadaan pengendara pada saat berkendara. Kebanyakan permasalahan pada kendaraan saat ini adalah pada penggunaan bahan bakar yang boros dan juga gas buangan dari sisa pembakaran atau emisi. Penggunaan bahan bakar yang berlebih dapat menambah biaya pengeluaran untuk membeli bahan bakar dan dari emisi yang dihasilkan dapat mencemari dan merusak lingkungan sekitar. Oleh karena itu, untuk menghemat penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi hasil pembakaran pada kendaraan, diciptakan teknologi yang dapat mengatasi permasalahan itu. Teknologi ini terdapat pada motor khususnya motor matic merk Honda, yaitu Enhanced Smart Power (eSP) seperti yang ditunjukan dalam gambar 1.

                                      Gambar 1 Teknologi Enhanced Smart Power (eSP) pada motor Honda [1]

Enhanced Smart Power (eSP) adalah teknologi terbaru pada motor matic Honda yang mulai diluncurkan pada tahun 2014. Fungsinya untuk menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi yang terbuang sehingga akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang lebih tinggi saat berkendara. Pada teknologi Enhanced Smart Power ini tentu ada komponen-komponen di dalamnya yang mendukung kinerja teknologi ini seperti yang ditunjukan dalam Gambar 2, diantaranya adalah:

  1. ACG Starter

Komponen berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga pada saat menyalakan mesin suaranya lebih halus sekaligus untuk mendukung fitur ISS (Idling Stop System).

  1. Offset Cylinder

Komponen yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.

  1. Roller Type Rocker Arm

Komponen ini menggunakan Shell Type Needle Bearing sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.

  1. Spinny Sleeve

Komponen yang memiliki tekstur berduri pada dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

  1. Squish

Komponen yang berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.

  1. Tumble

Komponen yang berfungsi agar penyebaran bahan bakar lebih merata dan menjadikan pembakaran lebih baik. [2]

Komponen ini menggunakan Shell Type Needle Bearing sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.

Gambar 2 Komponen-komponen pendukung teknologi Enhanced Smart Power [3]

Selain komponen-komponen pendukung eSP diatas, ada juga teknologi-teknologi yang mendukung kerja mesin eSP diantaranya:

Ø  Teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) adalah teknologi dimana sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.

Ø  Teknologi CBS (Combi Brake System) adalah teknologi dimana hanya dengan menarik tuas rem, maka rem belakang dan rem depan dapat berfungsi dengan optimal di saat bersamaan.

Ø  Teknologi ISS (Idling Stop System) adalah teknologi yang dirancang untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar pada saat kendaraan dalam posisi diam. ISS akan mematikan secara otomatis dan menyalakan mesin kendaraan kembali hanya dengan menarik sedikit tuas gas. [4]

Sebagai teknologi dengan inovasi terbaru pada mesin motor Honda, teknologi Enhanced Smart Power memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan, diantaranya adalah:

[  Lebih hemat bahan bakar. Dengan adanya fitur Idling Stop System, tentunya akan lebih menghemat bahan bakar dan mengurangi gas-gas emisi yang dihasilkan dari pembakaran.

[  Performa tinggi. Komponen-komponen pada teknologi eSP sangat mendukung performa dari kendaraan itu sendiri sehingga menjadikan pengendara lebih nyaman dalam mengendarai dengan performa yang tinggi.

[  Lebih ramah lingkungan. Dengan adanya teknologi PGM-FI dimana bahan bakar disalurkan dengan cara disemprot menjadikan pemakaian bahan bakar lebih efektif dan efisien serta lebih ramah lingkungan. [5]

Tidak ada teknologi atau produk-produk yang benar-benar sempurna, tentu teknologi Enhanced Smart Power memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan, diantaranya adalah:

  • Jika tidak memperhatikan perawatan kendaraan dengan baik, bisa terjadi masalah-masalah atau kerusakan pada komponen-komponen pendukung Enhanced Smart Power bahkan dengan teknologinya sendiri.
  • Jika terjadi kerusakan, biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada motor dengan mesin karburator karena antara komponen-komponen pendukung teknologi inni saling berhubungan dalam menghasilkan performa yang ideal pada motor. Meskipun kerusakan hanya ada pada satu atau dua komponen, tetapi bisa berpengaruh pada kinerja komponen yang lain.
  • Hanya bengkel-bengkel tertentu saja yang dapat mengatasi permasalahan pada kendaraan dengan teknologi Enhanced Smart Power ini sehingga jika salah dalam membongkar bagian-bagian mesin bisa berakibat kerusakan pada bagian mesin. Biasanya hanya bengkel resmi Honda yang bisa mengatasi masalah-masalah pada mesin dengan teknologi Enhanced Smart Power.

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki teknologi Enhanced Smart Power, tentunya teknologi ini sangat membantu manusia dalam hal berkendara, khususnya pada performa kendaraan dan kenyamanan saat berkendara. Teknologi ini juga ramah lingkungan karena adanya teknologi PGM-FI yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efektif dan efisien.

kontribusi : Aldo Tanuwiratama (ARE sem 2 2017/2018) 

REFERENSI

1)      http://www.boobrok.com/wp-content/uploads/2015/02/Teknologi-eSP-Honda-Terbaru-2015.png

2)      Memperkenalkan Teknologi ESP pada Motor Honda. (2014, 14 Desember). Diperoleh tanggal 14 Oktober 2017, dari https://www.hondacengkareng.com/memperkenalkan-teknologi-esp-pada-motor-honda/

3)      https://mansarpost.files.wordpress.com/2015/04/komponen-pendukung-teknologi-esp.jpg

4)      Mengupas Teknologi dalam ESP Honda dan Beberapa Komponen Pendukungnya. (2015, 8 April). Diperoleh tanggal 25 Oktober 2017 dari https://perumahanbagus.wordpress.com/2015/04/08/mengupas-teknologi-dalam-esp-honda-dan-beberapa-komponen-pendukungnya-2/

5)      Apa Keunggulan Teknologi ESP Motor Honda Itu? (2016, 26 November). Diperoleh tanggal 25 Oktober 2017 dari http://www.astra-honda.com/esp/apa-keunggulan-teknologi-esp-motor-honda-itu/

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close
    View Help Hide Help