People Innovation Excellence
 

Double-Clutch Transmission

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan Double Clutch Transmission / Transmisi Kopling Ganda. Saya mulai terlebih dahulu dari sejarahnya, jadi jenis sistem transmisi ini ditemukan oleh orang Prancis Adolphe Kégresse tepat sebelum Perang Dunia II, meskipun ia tidak pernah mengembangkan model kerja. Perkembangan pertama transmisi twin-clutch atau dual-clutch dimulai pada awal tahun 1980 di bawah bimbingan Harry Webster di Automotive Products (AP), Leamington Spa, dengan prototip yang dibuat di Ford Fiesta Mk1, Ford Ranger, dan Peugeot. 205. Awalnya, sistem kontrol didasarkan pada sirkuit digital analog / diskrit murni dengan paten yang diajukan pada bulan Juli 1981. Semua instalasi kembar-kopling AP awal ini menampilkan kopling kering tunggal dan kopling basah multiplate. Setelah diskusi dengan VW / Porsche, DCT bekerja terus dari pengembangan Porsche in-house, untuk mobil balap Audi dan Porsche di kemudian hari pada tahun 1980an, ketika komputer mengendalikan transmisi menjadi cukup kompak: Porsche Doppelkupplungsgetriebe (bahasa Inggris: dual-clutch gearbox) (PDK) yang digunakan pada mobil balap Le Mans Porsche 956 dan 962 dari tahun 1983, dan Audi Sport Quattro S1.

 Transmisi dual-clutch menghilangkan konverter torsi seperti yang digunakan pada transmisi otomatis bertulang episiklik konvensional. Sebagai gantinya, transmisi dual-clutch yang saat ini dipasarkan terutama menggunakan dua kopling multiplat berongga basah minyak, mirip dengan cengkeraman yang digunakan pada sebagian besar sepeda motor, meskipun versi kopling kering juga tersedia. Mobil produksi seri pertama dengan DCT (Double Clutch Transmission) adalah Volkswagen Golf Mk4 R32 2003.

 Pada tahun 2009, penjualan terbesar DCT di Eropa Barat oleh berbagai kemewahan dari Grup Volkswagen Jerman, meskipun hal ini diantisipasi untuk berubah karena produsen transmisi dan produsen kendaraan lainnya membuat DCT tersedia dalam mobil produksi seri. Pada tahun 2010, di situs BMW Canada untuk Coupe Seri 3, dijelaskan keduanya sebagai transmisi kopling tujuh kecepatan dua kali lipat dan sebagai transmisi otomatis tujuh kecepatan. Ini yang disebut dengan dual-kopling otomatis.

 Transmisi kopling ganda alias Double-Clutch merupakan pengembangan terakhir transmisi otomatis. Pada dasarnya transmisi otomatis kopling ganda menggunakan 2 buah kopling kering. Artinya keuntungan pertama sudah bisa diketahui, yakni tidak ada slip yang biasanya terjadi di kopling basah. Lalu kedua kopling itu terhubung dengan gigi yang berbeda. Satu terhubung dengan gigi yang sedang dipilih, satu lagi terhubung dengan gigi berikutnya. Alhasil ketika perpindahan gigi terjadi, prosesnya berlangsung sangat instan, bahkan lebih cepat dari kedipan mata.

Volkswagen Golf GTI Mk V yang hadir di Indonesia pada 2005, merupakan mobil pertama yang dijual massal di Indonesia menggunakan kopling ganda. VW menyebutnya DSG (Direct-Shift Gearbox). Uniknya, Golf GTI ini bertransmisi DSG memiliki performa 0-100km/jam serta konsumsi BBM lebih baik dari versi manual. Artinya transmisi kopling ganda ini berhasil mematahkan mitos. Kini transmisi otomatis bisa lebih cekatan dan efisien dibanding manual sekalipun.

 Tetapi dalam sistem Double-Clutch ini mempunyai kekurangan yaitu, konstruksinya yang lebih rumit lantaran banyaknya komponen yang disematkan, lalu bobot dual-clutch yang lebih berat dibanding CVT ataupun Matic biasa, dan dalam beberapa kasus, biaya perbaikannya pun cukup mahal dan membutuhkan waktu lama. Selain itu, untuk kopling ganda dry clutch  memiliki karakter judder.  Namun hal tersebut dapat teratasi pada kopling ganda wet clutch.

Gambar 1.  kopling ganda BMW 7 speed [7]

 

Contributor : Ilham Winardityo (ARE Semester 1 2017/2018)

Referensi :

  1. Diandra Novita, “Ini Dia Nih Kelebihan & Kekurangan Mesin Mobil Dual Clutch,” 27 December 2016 [Online]. Available : Shopsmart, https://shopsmart.co.id/trending/ini-dia-nih-kelebihan-kekurangan-mesin-mobil-dual-clutch/. [Accessed : 26 Oktober 2017].
  2. Fitra Eri, “Apa Itu Transmisi Kopling Ganda?,” 1 Juni 2014 [Online]. Available : Autobild, https://shopsmart.co.id/trending/ini-dia-nih-kelebihan-kekurangan-mesin-mobil-dual-clutch/[Accessed : 26 Oktober 2017].
  3. “Powertrain – transmissions : Shift in power to the gearnox” [PDF] [Accessed : 25 Oktober 2017].
  4. Pitrajaya, “Girbok Double Clutch Dari BMW,” 19 Agustus 2008 [Online]. Available : Pitrajaya.wordpress, https://pitrajaya.wordpress.com/tag/double-clutch/ [Accessed : 25 Oktober 2017].
  5. Automotive technology, “Double Clutch System,” 9 Juli 2013 [Online]. Available : Facebook, https://www.facebook.com/permalink.php?id=407411872675217&story_fbid=491987044217699 [Accessed : 24 Oktober 2017].
  6. “BMW 7 speed M-Double Clutch Transmission picture,” [Online]. http://bmw-7-speed-m-double-clutch-transmission.auto-power-girl.com/
  7. (http://www.auto-power-girl.com/high-resolution-wallpapers/bmw-7-speed-m-double-clutch-transmission/bmw-7-speed-m-double-clutch-transmission-2008-9.jpg

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close
    View Help Hide Help