People Innovation Excellence

Multi-Tasking Sambil Mengemudi

Mana bisa kita melakukan banyak hal dalam mengemudi? Ya, memang tidak mungkin. Tetapi teknologi membuat semua yang mustahil/Impossible menjadi dapat dilakukan.Teknologi HUD inilah yang membuat hal ini  menjadi Possible. Teknologi Automotive Head-Up Display atau dikenal juga dengan nama auto-HUD,adalah semua tampilan transparan yang dapat menampilkan data-data dari sebuah kendaraan (misalnya kecepatan kendaraan, ketinggian kendaraan dari permukaan laut, dan lain sebagainya), tanpa dibutuhkannya seorang pengemudi untuk melihat ke arah lain, selain dari arah biasa yang kita lihat untuk mengemudikan kendaraan tersebut[1]. Misalnya, saat kita mengendarai kendaraan mobil, kita diharuskan bukan hanya melihat ke arah depan, namun kita harus melihat ke arah kanan, kiri, maupun terkadang ke arah bawah (untuk melihat  peta). Dengan adanya auto-HUD ini,dengan hanya melihat ke arah depan, kita dapat melihat apa yang ada di belakang mobil kita. Namun, bukan hanya itu saja, masih banyak lagi kegunaan auto-HUD yang akan dijelaskan lebih dalam lagi dalam artikel ini.

 

Gambar 1. Head-Up Display[2].

Sebelum kita memasuki proses pengembangan auto-HUD, kita harus membahas tentang Head-Up Display itu sendiri. Jadi teknologi HUD ini sendiri di kembangkan dari teknologi yang digunakan dalam senjata api pada waktu perang dunia pertama dan kedua, yaitu reflector sight/bidikan optic[3,4]. Setelah itu, pengembangan teknologi HUD ini berlanjut ke arah masalah pada pesawat terbang militer[5].

Pada tahun 1940-an, Telecommunications Research Establishment (TRE),yang merupakan lembaga yang berwenang dalam perkembangan radar, menemukan bahwa pilot  Royal Air Force (RAF) yang bekerja pada malam hari kesulitan dalam melihat target landasan, dan juga radar pada saat bersamaan.Mereka (TRE) juga mencoba untuk memakai 2 radar, tetapi pilot tersebut masih kesulitan untuk menemukan target landasannya.

Pada tahun 1942, TRE akhirnya sukses menggabungkan gambar dari radar,dengan proyeksi dari GGS (Gyro Gunsight) Mk II standart ke windscreen[6] (Jendela untuk kendaraan yang biasanya dibuat dari Laminated Safety Glass, dimana adalah kaca yang tetap terikat (tidak berhamburan), ketika luarnya rusak[7]).GGS atau Gyro Gunsight sendiri adalah teknologi yang dipakai oleh pesawat tempur pada saat perang dunia ke-2, yang digunakan untuk memastikan bahwa tembakan pada pesawat tempur itu terkena target[8].

Lalu teknologi HUD ini,dikembangkan lebih lanjut lagi oleh Royal Navy di Buccaner (nama pesawat tempur) pada 30 April 1958. Pesawat tempur ini dibuat sedemikian rupa agar dapat terbang di ketinggian yang sangat rendah, pada kecepatan yang sangat tinggi, dan dapat melepaskan bom pada target yang dituju. Dengan tujuan ini, pilot di dalam Buccaner tidak akan sempat untuk melihat arah pesawat dan arah jatuh bom secara bersamaan. Maka dari itu, para peneliti membuat konsep yang dinamakan dengan “Strike Sight” atau pengelihatan dalam menyerang, dimana adalah gabungan dari ketinggian pesawat, kecepatan, dan penglihatan terhadap jatuhnya bom, dalam satu layar seperti layar pada senjata api.

 

Gambar 2. HUD pada Buccaner[9].

Konsep “Strike Sight” ini  pun disetujui dan disponsori oleh cabang dari menteri pertahanan di UK.Royal Aircraft Establishment (RAE) merupakan lembaga yang pertama kali menggunakan istilah “Head Up Display”.HUD ini awalnya diproduksi oleh perusahaan bernama “Cintel” dan diambil alih oleh perusahaan “Elliott Flight Automation (Elliot Brothers Ltd.)” dan “The Buccaner”. Sistem HUD ini pertama kali terintegrasi pada tahun 1958, dimana Perusahaan Cintel masih memproduksi teknologi ini[10].

Pada tahun 1960-an pilot prancis bernama Gilbert Klopfstein membuat sistem HUD yang modern. Bukan hanya itu, beliau juga membuat standarisasi simbol-simbol yang ada di HUD tersebut. Dengan adanya standarisasi, para pilot yang menggunakan teknologi HUD hanya diperlukan untuk mempelajari satu sistem HUD saja, tidak berbeda-beda tiap pesawat seperti sebelum adanya standarisasi ini[11].

Pada tahun 1970-an, HUD ini sudah mulai diperkenalkan ke dunia penerbangan komersil. Dan pada tepatnya tahun 1988, perusahaan “Oldsmobile Cutlass Supreme” menjadi yang pertama dalam menggunakan HUD di dalam mobil. Disusul pada tahun 1989-1944, Nissan pun mulai memperkenalkan sistem HUD nya di dalam mobil Nissan 240SX[12]. Tidak ketinggalan, perusahaan mobil lainnya pun mulai memasukkan HUD di dalam mobil mereka.1991,Toyota mulai menggunakan teknologi HUD di dalam Toyota Crown Majesta, dimana hanya dapat dibeli di jepang saja.

1998, Chevrolet mulai memperkenalkan HUD pertama yang berwarna pada mobilnya yaitu Chevrolet Corvette (C5). Dan perkembangan HUD ini akan diteruskan pada teknologi bernama Augmented Reallity (AR), dimana dikenalkan oleh perusahaan “Piooner corporation” pada tahun 2012 [13].

Auto-HUD ini sendiri sudah menjadi daftar teknologi yang harus ada di dalam suatu kendaraan. Banyaknya fungsi dalam teknologi ini sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan pengendara lah yang membuat teknologi ini wajib ada.

Kegunaan pertama Auto-HUD ini adalah sistem navigasi yang dapat ditampilkan. Sejalan dengan majunya sistem navigasi, orang mulai malas menghafal melihat peta manual, atau mengingat jalan yang jarang dilewatinya.Google Maps menjadi salah satu tumpuan paling akurat dalam sistem navigasi, terutama pada waktu kita berkendara. Maka dari itu, pengendara diharapkan untuk dapat melihat fokus kedepan, tanpa terganggu oleh “Google Maps” ini. Dengan dikembangkannya teknologi Auto-HUD ini, pengendara dapat memenuhi harapan tersebut sehingga kita dapat meminmalisir terjadinya tabrakan.

Kegunaan kedua adalah sistem Alert yang dapat ditampilkan di bagian HUD. Dalam hal ini, teknologi yang sudah ada adalah Distance  Alert yang sudah ada di dalam mobil Peugeot 500 8[14]. Didalam teknologi ini, apabila mobil mendekati mobil lain, maka Speedometer di dalam mobil akan berubah menjadi sebuah alert yang ditampilkan dengan warna merah, sehingga kita dapat langsung menyadarinya[15].

Kegunaanya yang ketiga adalah sistem informasi. Memang navigasi dan sistem alert merupakan informasi yang ingin disampaikan mobil ke kita. Tetapi yang dimaksudkan dengan informasi yang disini adalah bukan hanya informasi dari mobil yang disampaikan ke pengendara, namun juga informasi dari luar juga. Seperti terhubungnya HUD ke jaringan telepon, sehingga kita tidak terganggu untuk melihat layar handphone saat menyetir[16].

Gambar 3. GPS pada HUD[2].

            Kegunaan informasi ini juga dapat digunakan dalam mobil yang dipakai untuk umum seperti angkutan umum, dan angkutan online. Data dari pengemudi itu dapat ditampilkan melalui adanya HUD di dalam mobil itu, sehingga penumpang dapat melihat dengan jelas informasi tersebut. Lalu dengan adanya pengembangan, mungkin saja HUD itu dapat berubah menjadi Touch Screen sehingga rating dan comment  dari penumpang langsung dapat dituliskan sesaat sebelum penumpang tersebut turun.

Karena teknologi HUD ini hanya berupa tampilan yang dapat membantu orang banyak dalam mengemudi, maka teknologi ini tidak dapat ditemukan kekurangannya. Apabila ditemukan kekurangannya, maka itu akan menjadi kekurangan si pemakai teknologi Auto-HUD ini.

Dengan meningkatkan kenyamanan pengguna dan sekaligus meningkatkan keamanan, teknologi Auto-HUD ini sangat membantu manusia dalam mengemudi. Maka dari itu, teknologi ini wajib untuk terus dikembangkan lagi agar pengemudi dan penumpang merasa nyaman dan aman di dalam kendaraan saat bepergian.

Kontributor : Leonardi Halim (ARE Semester 1 2017/2018)

 

Referensi :

[1]        Collinsdictionary.com ,“Definition of ‘head-up display’,” Head-up display definition and meaning | Collins English            Dictionary. [Online]. Available:             https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/head-up-display. [Accessed: 16-       Dec-2017].

[2]        Road-eyes.com, “recPOP The Head Up Display” , 2017. [Online]. Available:          https://www.road-eyes.com/en/products/recpop/. [Accessed: 23- Oct- 2017].

[3]       Elementary optics and application to fire control instruments. Washington: Headquarters   Dep. of the Army, 1977, p. 8-27, 8-28.

[4]       McGraw-Hill multimedia encyclopedia of science & technology. New York: McGraw-       Hill,     2000, p. 305.

[5]       D. Jarrett, Cockpit engineering. D. N. Jarrett, 2005, p.189.

[6]       I. White, The history of the air intercept (AI) radar and the British night-fighter.      Barnsley:         Pen & Sword Aviation, 2007, p.207.

[7]        “Your Windshield is Not Just a “Wind-Shield” Any More”. National Glass Association. Archived from the original on 2 August 2009.

[8]        R. Clarke, British aircraft armament, 2nd ed. Sparkford: Stephens, 1994.

[9]        Rochesteravionicarchives.co.uk, “Buccaneer HUD Pilot’s Display Unit :: Rochester           Avionic Archives”,       2017. [Online]. Available:       http://rochesteravionicarchives.co.uk/collection/head-up-display-hud/buccaneer-            hud-     pilot-s-display-unit-1. [Accessed: 23- Oct- 2017].

[10]      Rochesteravionicarchives.co.uk,”Head Up Display Weapon Aiming Systems :: Rochester Avionic Archives”,        2017. [Online]. Available:      http://rochesteravionicarchives.co.uk/media-archive/film/head-up-display-weapon-          aiming-systems-1. [Accessed: 27- Oct- 2017].

[11]      C. Spitzer, Digital avionics handbook. Boca Raton, FL: CRC Press, 2007.

[12]      Edmunds.com , “Nissan 240SX Review – Research New & Used Nissan 240SX Models”,             Edmunds,        2017.   [Online]. Available: https://www.edmunds.com/nissan/240sx/.         [Accessed: 23- Oct- 2017].

[13]     Ulanoff, Lance | Mashable | Pioneer AR Heads Up Display Augments Your Driving Reality             January 11, 2012

[14]      Autobild.co.id,”Head-Up Display”, 2017. [Online]. Available:             http://autobild.co.id/Tips/Knowledge/head-up-display. [Accessed: 24- Oct- 2017].

[15]      Youtube.com , “SUV Peugeot 5008 | Active Safety Break and Distance Alert”,             2017.[Online].Available:https://www.youtube.com/watch?v=8Z8K4eje_    3Y.      [Accessed: 23- Oct- 2017].

[16]      Ardisaz.com , “Heads Up Display di Mobil”, Ardisaz, 2017. [Online]. Available:             https://ardisaz.com/2014/09/09/heads-up-display-di-mobil/. [Accessed: 24- Oct- 2017].


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close
    View Help Hide Help