People Innovation Excellence

“SHARKY” Salah Satu Robot Ciptaan Mahasiswa BASE

Kembali melahirkan karya, mahasiswa BASE bernama Vincent Wong, Vincent, Federick Halim, dan Megumi Kanta membuat robot bernama Sharky. Mendengar nama Sharky, pasti sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. karena bentuknya yang menyerupai ikan hiu (shark). Terinspirasi dari ikan hiu karena memiliki tubuh yang aerodinamis. Sharky memiliki kemampuan untuk mencari jalan keluar dari labirin. Sama seperti ikan hiu, Sharky merupakan robot pintar dan cepat.

Sharky bekerja dengan mendeteksi garis hitam di lantai menggunakan beberapa sensor yang terpasang di badannya. Sambil berjalan mengikuti garis, Sharky juga menentukan arah berbelok ketika menemukan percabangan dengan tujuan untuk mencari garis finish. Sambil berjalan Sharky juga mengingat belokan yang telah diambil agar dapat kembali ke garis start dengan cepat tanpa perlu mencari lagi.

Untuk mengendalikan gerakannya Sharky didukung oleh arduino. Arduino berfungsi seperti otak yang menganalisa data dari sensor serta mengendalikan gerakan Sharky. Seperti halnya manusia yang membutuhkan otak untuk bisa berpikir dan mengambil keputusan, Arduino pada Sharky dibutuhkan untuk mencari jalan keluar dari labirin.

Keahlian Sharky untuk mencari jalan keluar dari labirin membuat Vincent Wong, Vincent, Federick Halim, dan Megumi Kanta percaya diri untuk memenangkan berbagai perlombaan dengan Sharky.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close