Menghadapi Era Baru dengan Ragam Inovasi di PDE E-Portfolio Exhibition 2021

Ketika kita melihat sebuah produk, hal pertama yang bisa kita nilai adalah desainnya. Desain produk yang menarik dan dapat diterima dengan baik oleh pasar adalah desain yang memiliki nilai estetika dan fungsional. Maka dari itu, di balik pembuatan produk yang kita kenal sekarang ini, selalu ada peran product design engineer di dalamnya.

Memasuki revolusi industri 4.0, product design engineering semakin dibutuhkan. Pesatnya perkembangan teknologi kini menjadi alat bagi product design engineer untuk berlomba-lomba merancang solusi baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Inovasi-inovasi terdepan seperti inilah yang ditampilkan ke publik lewat Product Design Engineering: E-Portfolio Exhibition 2021, sebuah acara yang dipersembahkan oleh BINUS ASO School of Engineering. Diselenggarakan pada tanggal 8-21 Februari 2021, para peserta dapat melihat karya-karya mahasiswa program Product Design Engineering BINUS ASO secara lebih dekat.

Pameran virtual persembahan BINUS ASO

Meski menghadapi pandemi COVID-19, para pendidik dan mahasiswa di program Product Design Engineering BINUS ASO tidak patah semangat untuk terus berinovasi. Hal inilah yang menjadi dorongan untuk menyelenggarakan sebuah pameran virtual bertajuk Product Design Engineering: E-Portfolio Exhibition 2021. Pameran virtual ini menampilkan produk jadi dan prototype desain produk hasil rancangan para mahasiswa di program Product Design Engineering BINUS ASO.

Tidak hanya itu saja, acara ini pun mengajak para hadirin untuk mengeksplorasi sistem pembelajaran di BINUS ASO School of Engineering. Lewat visual dan audio media yang mendukung jalannya acara, para hadirin dapat menikmati pameran virtual ini dengan lebih leluasa. Product Design Engineering: E-Portfolio Exhibition 2021 diharapkan mampu terinspirasi oleh karya-karya para engineer muda hebat di BINUS ASO School of Engineering.

Pentingnya peran product design engineering di era baru

Kata “engineer” sering dikaitkan dengan produk-produk berteknologi tinggi, seperti mesin, robot, dan perangkat elektronik. Meski begitu, sebenarnya karya-karya yang akan ditampilkan di Product Design Engineering: E-Portfolio Exhibition 2021 tidak hanya mencakup ketiga jenis produk tersebut, melainkan juga produk-produk lainnya seperti portable dishwasher, sweeper, multipurpose cleaning bracket, serta ladder drawer.

Lewat virtual gallery ini, para hadirin bisa melihat peran product design engineering secara lebih dekat. Hampir seluruh benda yang kita lihat dan gunakan sehari-hari terbentuk berkat peran dari product design engineering. Agar sebuah produk bisa berfungsi dengan baik, seorang engineer harus memastikan penggunaan material, bentuk, warna, dan tekstur yang paling tepat.

Inilah yang dipelajari dalam kurikulum program Product Design Engineering di BINUS ASO. Dengan pendekatan project-based learning, para mahasiswa belajar desain, teknik, modeling, production & operation analysis, dan human integrated system supaya bisa menciptakan produk yang bernilai seni dan mampu meningkatkan kualitas hidup manusia.

Dibuka untuk publik secara gratis

Acara Product Design Engineering: E-Portfolio Exhibition 2021 dibuka untuk publik, mahasiswa, dan industri tanpa biaya registrasi. Acara pameran virtual ini akan diselenggarakan langsung di website base.binus.ac.id/pde-exhibition mulai dari tanggal 8 Februari 2021 hingga 21 Februari 2021. Cukup dengan mendaftarkan diri dengan klik di sini, Anda pun bisa menikmati pameran karya-karya inovatif dari mahasiswa BINUS ASO School of Engineering.

Tidak hanya mengundang para mahasiswa untuk menampilkan karya-karyanya, Product Design Engineering: E-Portfolio Exhibition 2021 mengundang para dosen dan ahli untuk semakin memperkaya informasi mengenai product design engineering. Karya-karya yang ditampilkan pun tidak hanya menghadirkan terobosan baru, namun juga mampu diaplikasikan di era baru untuk menjawab tantangan yang hadir karena pandemi COVID-19 maupun tantangan yang akan muncul di masa depan.

“Sistem belajar di BINUS ASO School of Engineering yang unik, ditunjang dengan pemanfaatan teknologi yang mumpuni, serta dedikasi para pendidik yang tersedia, mampu menjawab berbagai tantangan yang muncul karena Pandemik Covid-19. Kreativitas mahasiswa tetap terpelihara dengan baik, sehingga tetap produktif dalam melahirkan berbagai ide dan karya yang inovatif, seperti yang dapat ditampilkan di dalam Product Design Engineering E-Portfolio Exhibition 2021, BINUS ASO School of Engineering. Semoga pameran karya mahasiswa kami dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan masyarakat,” ujar Yosica Mariana, S.T., M.T, Head of Product Design Engineering Program di BINUS ASO School of Engineering, dalam sambutannya.

Ke depannya, acara Product Design Engineering: E-Portfolio Exhibition akan diselenggarakan secara rutin untuk semakin menunjang kreativitas mahasiswa BINUS ASO School of Engineering dan menginspirasi masyarakat.