Sebuah agenda rutin yang diadakan tiap tahun, Summer Course periode ini diadakan selama satu bulan penuh, yakni dimulai dari pertengahan Agustus s/d pertengahan  September 2024. Kegiatin ini secara umum diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari program keseluruhan program studi yang ada Binus ASO School of Enginering. Melalui program Summer Course ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga untuk mengenal lebih dekat budaya Jepang, khususnya di kota Fukuoka. Berbagai rangkaian acara menarik telah disusun oleh pihak BASE dan ASO sehingga mahasiswa mampu menyerap ilmu langsung dari dosen serta praktisi ASO College. Kegiatan summer course untuk mahasiswa Automotive and Robotics Engineering antara lain pengenalan terkait teknik menggambar mesin, workshop automotive, serta proses manufaktur.

Dalam kelas menggambar mesin, mahasiswa berkesempatan untuk mencoba langsung penggunaan software Solidwork untuk mendesain gear berdasarkan hasil perhitungan standart. Untuk menambah pemahaman mahasiswa terkait aplikasinya di dunia nyata, mahasiswa diijinkan untuk melihat langsung bengkel automotive ACET. Pihak praktisi di sana juga mengajarkan komponen-komponen keamanan pada kendaraan serta memberikan praktek langsung terkait mekanisme kerjanya. Untuk dapat merealisasikan hasil desain komponen, mahasiswa diikutsertakan dalam praktek langsung penggunaan mesin bubut dan milling. Di samping pemberian materi di kelas, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan mengunjungi beberapa industri seperti Daihatsu dan Yasukawa. Agenda lain selain kegiatan belajar dan mengajar yang disiapkan yaitu touring ke beberapa tempat. Tempat yang dikunjungi untuk kegiatan summer course pada tahun 2024 antara lain Kuil Shinto Miyajidake, Seaside, dan ditutup dengan Kyushu National Museum.

Itulah aktivitas summer course yang penuh sukacita karena dapat belajar serta memahami kebudayaan Jepang sekaligus. Tentu kegiatan ini juga membantu mahasiswa menjadi lebih dewasa karena telah belajar mengenai pola kerja di Jepang.

Terima kasih Binus- ASO

[Last updated: October 11, 2024 by Intan Mahardika, S.T., M.T.]