Untuk warga Indonesia kalau musim panas yang terpikirkan adalah masuk mall, cari wi-fi, alias untuk ngadem. Percaya atau tidak ternyata untuk warga Jepang, ternyata banyak sekali aktivitas yang dapat di lakukan dan bagi saya yang pernah hidup di Jepang itu adalah hal yang menyenangkan.

 

Berikut adalah aktivitas yang bisa dilakukan:

  • Musim panas adalah musim festival, jadi kita bisa datang lihat festival. Disana tentu akan banyak acara, jualan makanan, dan tentunya orang Jepang yang pakai Yukata atau Kimono.
  • Selain festival, biasanya juga disertai dengan HANABI alias acara kembang api. Untuk yang ini semoga tidak hujan. Hal yang menarik dari nonton ini adalah kembang apinya sangat besar dan tidak hanya indah di langit, kadang kala ada juga yang di laut/danau. Hal ini membuat acar kembang api ini menjadi spektakuler.
  • Masih berhubungan dengan festival, biasanya ini untuk warga yang sudah lama di Jepang. Biasanya bisa ikutan dalam kegiatan festival itu, sehingga bisa ikutan dalam parade/ menjadi bagian dari kegiatan tersebut.
  • Kegemaran orang Jepang, tapi ini bukan favorit saya yaitu berpergian ke pantai. Banyak sekali yang datang untuk bermain air ataupun berjemur, tapi yang sering menjadi masalah adalah pasirnya panas sekali seperti berjalan diatas bara api, sehingga ini bukan menjadi favorit saya.
  • Ini bukan favorit orang Indonesia tapi sekali mencoba biasanya ketagihan yaitu pergi ke ONSEN. tidak favorit karena harus melepaskan pakaian dan hanay diutupi oleh sehelai handuk. Tapi Ketika sudah masuk ke ONSEN badan akan terasana enak dan nikmat, apalagi setelah selesai bisa minum segelas susu.
  • Kegemaran untuk semua orang, makan es krim. Kalau di Indonesia mirip es serut, atau es campur. Dingin dan manis, siapa yang akan menolaknya.
  • BBQ. Jujur kegiatan ini adalah menjadi pengalaman yang berkesan. Hal ini dikarenakan dilakukan di alam terbuka, yang mana untuk orang Indonesia biasanya lebih sering dilakukan di restoran.
  • Camping. Tidak selalu harus camping tapi lebih ke arah bermain ke alam terbuka. Hal ini dikarenakan banyak sekali hewan-hewan menarik khususnya serangga (kumbang dan kunang-kunang)
  • Makan Cold Noodle. Pasti cape dan Lelah, jadi biasanya cari makan yang dingin. Untuk khasus ini biasanya bisa coba, udon atau somen.

Ini kurang lebih aktivitas yang bisa di lakukan di summer, di samping jalan-jalan ke mall. Selamat mencoba semoga berkesan Ketika kalian datang ke Jepang di musim panas.