Pada tanggal 10-11 Oktober 2023, enam mahasiswa yang saat itu sedang mengerjakan tugas akhir berhasil mempresentasikan makalah mereka yang merupakan pengembangan dari tugas akhir di INTERNATIONAL CONFERENCE ON ELECTRICAL ENGINEERING AND INFORMATICS 2023 (ICEEI 2023) yang diselenggarakan oleh School of Electrical Engineering and Informatics, Achmad Bakrie Building, lantai 2, Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesha 10, Bandung 40132, Indonesia. Konferensi ini diadakan di Hotel Savoy Homann Bandung.

Mahasiswa dari BINUS-ASO School of Engineering (BASE) berhasil mempresentasikan makalah yang semuanya merupakan hasil dari tugas akhir mereka. Mereka adalah:

  • Devin Onil Saduki Simangunsong, dengan judul paper: Automation Lamp Healing Application based on Face Expression Identification System using Convolution Neural Network (CNN) dan Danang Karuna Harjanto, Jonathan Miharja, dengan paper yang berjudul : Automatic Anti-Swing Gantry Crane Based on Gradient Descent Optimization Proportional Integrated Derivative (PID): A Comparison Simulation and Real Experiment dengan dosen pembimbing Ir.Winda Astuti, S.T., M.Sc., Ph.D.
  • Richard Medyanto, Nicholas Sanjaya, Automatic Heliostat Directing System Based On Microcontroller ESP32, dengan dosen pembimbing Dr. Suryadiputra Liawatimena, S.Kom., Pgdip.App.Sci.
  • Miguel Yehezkiel Noya, Christian Bernard Kuswandi, dengan judul paper: Car Engine and Chassis Assembly Training Simulation Using VR Technology. Samuel Raymond Pranowo, dengan judul paper: Computer Vision-Based Hydroponic Lettuce Contour and Area Recognition System, dengan dosen pembimbing Muhammad Zacky Asy’ari, S.T., M.Sc.

ICEEI 2023 merupakan pertemuan ilmiah dua tahunan yang diselenggarakan oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung (Indonesia) dan Fakultas Sains dan Teknologi Informasi Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia). Konferensi ini adalah lanjutan dari serangkaian acara Konferensi Internasional Teknik Elektro dan Informatika (ICEEI) yang telah sukses diadakan sebelumnya di Bandung (2007, 2011, 2019), Selangor (2009, 2013), Bali (2015), Langkawi (2017), dan Trengganu (2021). ICEEI 2023 diadakan di Bandung, Indonesia pada tanggal 10-11 Oktober 2023.

Konferensi ICEEI memberikan kesempatan untuk mendiskusikan isu-isu baru, memecahkan masalah, dan menemukan solusi yang memungkinkan kemajuan di bidang Teknik Elektro dan Informatika, mulai dari ilmu dasar hingga aplikasi praktis.

Partisipasi dalam acara ini sangat berharga bagi mahasiswa karena mereka dapat memperoleh pengalaman internasional dan memahami standar pekerjaan di tingkat global. Kesempatan ini juga memberikan nilai tambah bagi mahasiswa dalam persaingan misalnya untuk mendapatkan beasiswa studi lanjut.