Salah satu aplikasi pengolah kata (Word processor) yang menyediakan opsi tak berbayar yang andal diantaranya adalah LibreOffice, OpenOffice dan WPS Office. Nah yang paling mirip dengan Microsoft 365 (Microsoft Office) adalah WPS Office. WPS Office dapat dijalankan diberbagai jenis operating system (OS) diantaranya: Windows, Mac dan Linux [1], [2].

Gambar 1. Operating System yang didukung oleh aplikasi WPS Office

WPS Office memiliki fitur utama: Writer (mirip MS Word), Spreadsheet (mirip MS Excel), Presentation (mirip MS PowerPoint), dan PDF. WPS Office kompatibel dengan 47 jenis file, termasuk doc, xls, ppt, dan jenis teks lainnya [3]. WPS Office dapat diperoleh melalui link https://www.wps.com/download/.

Salah satu kelemahan WPS Office bagi pengguna yang sering membuat karya ilmiah adalah WPS Office belum disupport oleh aplikasi pihak ketiga dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka secara otomatis. Salah satu aplikasi pembuatan sitasi yang populer adalah Mendeley dan Zotero [4], [5], [6]. Mendeley dapat diperoleh melalui link https://www.mendeley.com/. Sedangkan Zotero dapat diperoleh melalui link https://www.zotero.org/ atau pengguna Debian-based Linux systems/Ubuntu dapat juga melihat di link https://github.com/retorquere/zotero-deb.

Gambar 2. Tampilan Zotero (Aplikasi Pengolah Referensi dan Sitasi)

Kabar baiknya adalah terdapat Add-on untuk mengintegrasikan Zotero ke dalam WPS Office. Add-on ini dapat diakses melalui link https://github.com/tankwyn/WPS-Zotero. Add-on ini dapat dijalankan pada sistem berbasis GNU/Linux dan Windows [7].

Gambar 3. Integrasi Zotero ke dalam WPS Office (Versi Linux Ubuntu)

Berikut adalah video demonya.

Integrasi dari WPS Office, Zotero dan Plugin Zotero for WPS Office dapat meningkatkan produktifitas dalam pembuatan artikel atau paper ilmiah terutama dalam hal sitasi dan pembuatan referensi. Penggunaan teknologi ini terkait dengan SDG (Sutainable Development Goals) Nomor 9 yaitu “Industry, Innovation and Infrastructure” karena terkait dengan innovasi penulisan sitasi dan referensi yang lebih sederhana dan powerfull. Selain itu juga terkait dengan SDG Nomor 4 yaitu “Quality Education” karena penggunaan ketiga aplikasi ini sangat berhubungan dengan dunia akademik terutama dalam membantu pembuatan karya ilmiah.

Keywords: Aplikasi Pengolah Kata Tak Berbayar, WPS Office, Zotero, Plugins, SDG

Referensi:

  1.  A. T. Oktaga and S. Narulita, “Keandalan Aplikasi Pengolah Kata Tak Berbayar Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Penulisan Karya Ilmiah,” vol. 14, no. 1.
  2. “[OFFICIAL] WPS Office-Free Office Download for PC & Mobile, Alternative to MS Office,” WPS. Accessed: Mar. 05, 2024. [Online]. Available: https://www.wps.com/
  3. “Free Download WPS Office for PC/ Windows/ Mac | Download Latest Version,” WPS. Accessed: Mar. 05, 2024. [Online]. Available: https://www.wps.com/download/
  4. “Mendeley - Reference Management Software.” Accessed: Mar. 05, 2024. [Online]. Available: https://www.mendeley.com/
  5. “Zotero | Your personal research assistant.” Accessed: Mar. 05, 2024. [Online]. Available: https://www.zotero.org/
  6. A. K. Ray, “Zotero: Open Source Citation Management Tool for Researchers,” 2017.
  7. Ooo, “tankwyn/WPS-Zotero.” Mar. 05, 2024. Accessed: Mar. 05, 2024. [Online]. Available: https://github.com/tankwyn/WPS-Zotero