Keynote NVIDIA GTC 2024 dimulai layaknya konser rock kemarin di SAP Arena. Lebih dari 15.000 peserta memadati arena dalam mengantisipasi presentasi tahunan CEO Jensen Huang tentang berita produk terbaru dari NVIDIA.

Fondasi Baru untuk Robotika Humanoid

Berita besar dari sisi robotika adalah NVIDIA meluncurkan sebuah fondasi model umum baru untuk robot humanoid yang disebut Proyek GR00T. Model baru ini dirancang untuk menyatukan robotika dan AI terwujud (embodied AI) sekaligus memungkinkan robot untuk memahami bahasa alami dan meniru gerakan dengan mengamati aksi manusia.

GR00T singkatan dari "Generalist Robot 00 Technology", dan dengan persaingan robotika humanoid yang semakin memanas, teknologi baru ini ditujukan untuk membantu mempercepat pengembangan. GR00T adalah sebuah model multimodal besar (LMM) yang menyediakan platform AI generatif bagi pengembang robotika untuk memulai implementasi model bahasa besar (LLM).

"Membangun model fondasi untuk robot humanoid umum adalah salah satu masalah paling menarik untuk diselesaikan dalam AI saat ini," kata Huang. "Teknologi pendukungnya mulai terkumpul bagi para ahli robotika terkemuka di dunia untuk mengambil langkah besar menuju robotika umum buatan."

GR00T Menggunakan Jetson Thor Baru

Sebagai bagian dari pengumuman robotikanya, NVIDIA mengungkapkan Jetson Thor untuk robot humanoid, berbasis chip sistem NVIDIA Thor (SoC). Peningkatan signifikan pada platform robotika NVIDIA Isaac termasuk model fondasi AI generatif dan peralatan untuk simulasi serta infrastruktur alur kerja AI.

SoC Thor mencakup GPU generasi baru berbasis arsitektur NVIDIA Blackwell dengan mesin transformer yang menghadirkan kinerja AI 800 teraflops dalam presisi pecahan 8-bit. Dengan prosesor keselamatan fungsional terintegrasi, kluster CPU performa tinggi, dan bandwidth Ethernet 100GB, ia dapat menyederhanakan upaya desain dan integrasi, klaim perusahaan.

NVIDIA menampilkan humanoid dalam pengembangan dengan teknologinya dari perusahaan termasuk 1X Technologies, Agility Robotics, Apptronik, Boston Dynamics, Figure AI, Fourier Intelligence, Sanctuary AI, Unitree Robotics, dan XPENG Robotics.

"Kita berada di titik infleksi dalam sejarah, dengan robot berpusat pada manusia seperti Digit yang siap mengubah tenaga kerja selamanya," kata Jonathan Hurst, pendiri sekaligus kepala robot di Agility Robotics. "AI modern akan mempercepat pengembangan, membuka jalan bagi robot seperti Digit untuk membantu manusia dalam semua aspek kehidupan sehari-hari."

"Kami bersemangat untuk bermitra dengan NVIDIA guna berinvestasi pada komputasi, peralatan simulasi, lingkungan pembelajaran mesin, dan infrastruktur lain yang diperlukan untuk mewujudkan mimpi robot menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Keywords: Sustainable Development Goals (SDG) 9, Industry, Innovation.