Salah satu keunikan di BINUS ASO hingga saat ini (2024) yaitu adanya summer course ke Fukuoka, Jepang. Hal ini tentu sangat menyenangkan karena disamping belajar, bisa juga memahami kultur dan budaya Jepang (dilihat dari kaca mata saya). Walau tujuan utamanya adalah belajar, tidak dipungkiri banyak yang berpikiran bahwa kalau sudah ke Jepang berarti harus jalan-jalan.

Foto: https://lp-cms-production.imgix.net/image_browser/TokaidoShinkansen.jpg?auto=format&w=1440&h=810&fit=crop&q=75

Sebagai seseorang yang pernah ditingal di Jepang, tentu banyak hal yang direkomendasikan untuk dilakukan di Jepang. Dimulai dari tujuan wisata, makanan hingga kegiatan yang jarang ada di Indonesia misalnya melihat Hanabi (pesta kembang api - ala Jepang), BBQ di outdoor bersama teman-teman hingga Onsen. Disamping banyak hal yang menyenangkan, ada hal yang banyak orang katakan yaitu tidak afdol jika tidak naik shinkansen.

Shinkansen adalah moda kendaraan yang tercepat dan ternyaman untuk menjelajahi Jepang, dimana kecepatan maksimumnya bisa mencapai 601 KM/Jam (Shinkansen seri L0). Shinkansen sendiri merupakan kereta magnetic levitation (maglev) yang bergerak akibat adanya magnet kuat (gaya elektromagnetik) yang menyebabkan kereta melayang. Dan... Cukup karena yang saya mau bagi bukanlah teknis Shinkansen tapi jalur untuk jalan-jalannya. Jadi berikut adalah jalur-jalur Shinkansen:

1. Tokaido Shinkansen (Tokyo- Yokohama- Nagoya- Kyoto- Osaka)
2. Sanyo Shinkansen (Shin Osaka- Shin Kobe- Himeji- Okayama- Hiroshima- Kokura- Fukuoka)
3. Tojoku Shinkansen (Tokyo- Ueno- Omiya- Sendai- Morioka- Aomori)
4. Akita Shinkansen (Tokyo -Ueno- Omiya- Sendai- Morioka- Tazawako- Kakunodate- Omagari- Akita)
5. Yamagata Shinkansen (Tokyo- Ueno- Omiya- Utsunomiya- Kariyama- Fukushima- Yonezawa- Akayu- Kaminoyama Onsen- Yamagata- Tendo- Sakurambo Higashine- Maruyama- Oishida- Shinjo)
6. Joetsu Shinkansen (Tokyo- Ueno- Omiya- Nagaoka- Niigata)
7. Kyushu Shinkansen (Fukuoka- Shin Tosu- Kurume- Kunamoto- Sendai- Kagoshima Chuo)
8. Hokkaido Shinkansen (Aomori- Okutsugaru Imabetsu- Kikonai- Shin Hakodate- Hokuto)
9. Hokuriko Shinkansen (Tokyo- Ueno- Omiya- Nagano- Toyama- Kanazawa)

Jadi Shinkansen mana yang akan kalian coba? Tebakan saya adalah Tokaido Shinkansen dan jikalau kalian adalah peserta summer course saya tambahkan Sanyo Shinkansen. Akhir kata selamat bersenang-senang.

SDG: 4 Quality Education.