Penggunaan Internet of Things (IoT) tidak hanya sekedar mengumpulkan data atau melihatnya secara lokal, namun tujuan & efeknya jauh lebih besar dari perkiraan semula. Konektivitasnya adalah untuk memberikan informasi “Real Time”, untuk mengatasi masalah sebelum berkembang.

Sebelumnya dorongan tersebut hanya untuk pengumpulan data, namun dengan IoT (dikombinasikan dengan Big Data), dorongan tersebut adalah pengumpulan & analisis data – semuanya dalam waktu nyata. Perangkat & sensor IoT membantu pasien dengan memperingatkan dokter ketika ada masalah. Mereka mungkin bahkan tidak mengetahuinya, tetapi perangkat terus melacaknya. Semua ini membantu dalam perawatan kesehatan prediktif berdasarkan bukti.

Banyak kemajuan yang sedang terjadi – seperti “tempat tidur pintar”, yang mendeteksi apakah pasien ingin bangun, memperingatkan perawat & mereka membantu. Area lain seperti “botol pil pintar” yang mengingatkan pasien jika mereka melewatkan slot pengobatan.

Banyak bidang seperti itu mungkin tidak masuk akal bagi sebagian orang, namun perangkat seperti perangkat yang dapat dikenakan, monitor tekanan darah, monitor glukosa, dll sedang digunakan saat ini. Perangkat IoT ini, ditambah dengan aplikasi pintar membantu para dokter memantau pasien mereka secara virtual. Pemulihan pasca operasi dilacak bahkan tanpa kunjungan. Hal ini menyebabkan berkurangnya waktu tunggu namun meningkatkan waktu pemantauan.

Faktanya, hal ini menguntungkan pasien dan penyedia layanan. Baik itu aplikasi seluler, perangkat yang dapat dikenakan, atau perangkat medis lainnya – semuanya menangkap data kesehatan dan data real-time IoT ini akan membentuk masa depan layanan kesehatan.

Ada beberapa perangkat IoT medis yang saat ini tersedia untuk layanan kesehatan masyarakat. Berikut beberapa contohnya:

  1. Pelacak Kebugaran yang Dapat Dipakai: Perangkat ini, seperti Fitbit atau Apple Watch, mengumpulkan data tentang aktivitas fisik, detak jantung, pola tidur, dan banyak lagi. Mereka membantu individu memantau dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.
  2. Pemantauan Pasien Jarak Jauh: Perangkat IoT seperti monitor tekanan darah, sistem pemantauan glukosa, dan inhaler cerdas memungkinkan pasien melacak tanda-tanda vital mereka di rumah. Informasi ini dapat dibagikan kepada penyedia layanan kesehatan secara real-time, sehingga memungkinkan pemantauan jarak jauh dan intervensi dini.
  3. Dispenser Pil Cerdas: Perangkat ini membantu pasien mengatur kepatuhan pengobatannya. Mereka memberikan pengingat otomatis, memberikan obat pada waktu tertentu, dan memperingatkan perawat atau anggota keluarga jika dosis terlewat.
  4. Solusi Telehealth: Platform telehealth berkemampuan IoT menawarkan konsultasi virtual antara pasien dan profesional kesehatan. Platform ini menggabungkan konferensi video, pemantauan jarak jauh, dan alat diagnostik untuk menyediakan akses terhadap perawatan dari rumah.
  5. Rumah Sakit Cerdas: Perangkat IoT digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan hasil pasien di fasilitas kesehatan. Misalnya, tempat tidur yang terhubung dapat memantau tanda-tanda vital pasien, menyesuaikan posisi demi kenyamanan, dan memperingatkan perawat ketika bantuan diperlukan. Sistem IoT juga dapat mengotomatiskan manajemen inventaris dan melacak lokasi peralatan di rumah sakit.
  6. Bedah Jarak Jauh dan Prosedur dengan Bantuan Robot: Teknologi IoT memungkinkan ahli bedah melakukan operasi

Keywords: Sustainable Development Goals (SDG) 9, Industry, Inovation.