Ahli kimia dan penemu Isabella Karle dengan peralatan difraksi elektron aslinya yang ia bangun di Laboratorium Penelitian Angkatan Laut Amerika Serikat di Washington, DC (1950). Dia bergabung dengan NRL setelah perang berakhir dan bersama suaminya Jerome mengembangkan "metode langsung" untuk menganalisis struktur kristal, dia adalah orang pertama yang menerapkan metode tersebut. Dia mengembangkan prosedur penambahan simbolis yang menghubungkan peralatan "metode langsung" teoritis dan data difraksi sinar-X yang sebenarnya.

Kontribusi ini memajukan bidang kristalografi sinar-X dengan memungkinkan penentuan struktur kristal. Teknik ini telah memainkan peran utama dalam pengembangan produk farmasi baru dan bahan sintesis lainnya. Isabella Karle (1921–2017) adalah seorang ahli kimia Amerika dan bekerja di Proyek Manhattan selama Perang Dunia II dan berperan penting dalam mengembangkan teknik mengekstrak plutonium klorida dari campuran yang mengandung plutonium oksida.

Atas karya ilmiahnya, Karle menerima Medali Garvan–Olin, Hadiah Gregori Aminoff, Penghargaan Bower, Medali Sains Nasional, dan Penghargaan Dinas Sipil Terhormat Angkatan Laut yang merupakan bentuk pengakuan tertinggi Angkatan Laut kepada pegawai sipil. Pada tahun 1985, suaminya Jerome Karle dianugerahi Hadiah Nobel Kimia, bersama dengan ahli matematika Herbert A. Hauptman, karena mengembangkan metode langsung untuk menganalisis data difraksi sinar-X. Jerome Karle dan banyak anggota komunitas kristalografi lainnya sangat yakin bahwa Isabella Karle seharusnya berbagi hadiah tersebut.