ChatGPT untuk Membantu Membuat Kode Program

 

ChatGPT adalah salah satu model AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) yang dibuat oleh OpenAI yang merupakan bagian dari keluarga GPT (Generative Pre-trained Transformer). Model ini dilatih untuk memahami dan menghasilkan teks berdasarkan input yang diberikan. ChatGPT secara khusus dirancang untuk tugas-tugas berbasis percakapan, memungkinkan interaksi berkelanjutan dalam bahasa alami.

ChatGPT mampu merespons pertanyaan, memberikan informasi, dan menghasilkan teks yang sesuai dengan konteks input. Model ini dibangun di atas arsitektur GPT-3.5 dan menggunakan teknik deep learning untuk memahami dan menghasilkan teks dalam berbagai situasi.

Namun perlu diketahui bahwa respons dari ChatGPT didasarkan pada pola dan informasi yang ditemui selama pelatihan (saat artikel ditulis, chatGPT tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang dunia nyata atau akses ke informasi yang terjadi setelah Januari 2022)

Figure 1. ChatGPT

Uniknya aplikasi berbasis web ini bisa “diajak” komunikasi mirip seperti halnya chat dengan manusia dan sudah mendukung penggunaan dalam bahasa Indonesia. Dalam hal pemrograman, model ini jg dapat mengenerate coding yg kita perlukan. Misal kita ingin membuat koding untuk program deret fibonaci, kita bisa menuliskan perintah “tolong buatkan koding untuk membuat deret fibonaci dalam bahasa python”

Hasil dari ChatGPT bisa langsung memberikan kode dalam bahasa pemrograman yang kita inginkan serta memberi penjelasan. Jika kurang detil kita bisa memintanya untuk mendetilkan juga.

Namun yang perlu diperhatikan terkadang output koding yang dihasilkan bisa jadi timbul error atau ada bagian yg perlu disesuaikan sedikit. Pengalaman selama mencoba ChatGPT untuk koding sederhana kita juga bisa meminta untuk koding yang error, dengan memasukkan notifikasi error pada saat program di jalankan.

Untuk membuat program yang kompleks dengan bantuan Chat GPT dibutuhkan kreatifitas untuk memecah masalah menjadi lebih sederhana sehingga diperoleh potongan kode yg nantinya bisa digabung untuk menjadi program yang lebih kompleks.

Saat artikel ini ditulis, ChatGPT menyediakan versi gratis (ChatGPT 3.5) dan versi Plus (ChatGPT 4.0). Aplikasi ini dapat diakses melalui website dengan alamat https://chat.openai.com/

Penulis: Muhammad Nurul Puji, S.Si., M.Si dan ChatGPT 🙂