Mobil Apple (Kredit Gambar: Bloomberg)

Laporan terbaru dari Bloomberg menyatakan bahwa Apple telah diam-diam mengembangkan proyek kendaraan listrik sejak tahun 2015, yang dikenal sebagai "Proyek Titan," namun pengembangannya mengalami hambatan yang menyebabkan seringnya pergantian manajemen senior dan penundaan. Akibatnya, rencana awal untuk meluncurkan Mobil Apple tanpa setir terpaksa diubah. Saat ini, Apple secara internal telah menetapkan target peluncuran mobil listrik Mobil Apple pada tahun 2028.

Menurut laporan Bloomberg, Wakil Presiden Apple Kevin Lynch yang kini memimpin proyek Mobil Apple telah menetapkan jadwal peluncuran mobil listrik pertama Apple. Mobil Apple 2028 akan dilengkapi dengan kemampuan mengemudi-sendiri (self-driving), mirip dengan teknologi mengemudi-sendiri mobil listrik lain seperti Tesla. Ini akan menuntut pengemudi untuk tetap perlu waspada dan siap mengambil alih kapan saja, mirip dengan fitur Pilot otomatis yang dimiliki Tesla saat ini. Mobil Apple diperkirakan akan memiliki kemampuan mengemudi otonom parsial Level 2, yang membutuhkan pengemudi untuk memperhatikan situasi sekitar, belum mencapai teknologi mengemudi otonom Level 4 yang dapat mengemudi ke tujuan secara otomatis tanpa campur tangan pengemudi.

Rancangan Dashboard (Kredit gambar: Bloomberg)

Selama hampir sepuluh tahun, Apple telah mengembangkan teknologi mengemudi-sendiri. Namun, mengingat keterbatasan teknologi saat ini, Apple diperkirakan akan menyerah pada visi mereka tentang mobil tanpa setir dan sepenuhnya otonom. Meski begitu, Apple tidak akan menyerah dalam mengembangkan teknologi mengemudi otonom. Media asing memperkirakan bahwa Apple akan merilis Mobil Apple terlebih dahulu, kemudian meningkatkan tingkat kemandiriannya melalui pembaruan dan peningkatan sistem, serta menyesuaikan dengan regulasi internasional.

Laporan Bloomberg juga mengungkap bahwa tahun 2023, dewan direksi Apple menekan CEO Tim Cook untuk menetapkan jadwal Proyek Titan secepat mungkin atau membatalkan proyek tersebut, yang akan memaksa Apple untuk segera mengumumkan rencana terkait Mobil Apple. Meskipun sebelumnya terdapat berbagai spekulasi mengenai jadwal peluncuran Mobil Apple demi memberikan penjelasan kepada dewan direksi Apple. Namun, karyawan internal percaya bahwa rencana ini akhirnya akan dipercepat dan ada keraguan terhadap inovasi dari mobil listrik pertama Apple.

Keywords: Sustainable Development Goals (SDG) 9, Industry, Inovation.