Apple Developer Academy merupakan program pendidikan teknologi yang diselenggarakan oleh Apple Inc. bekerjasama dengan Kampus IT Binus di Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pembelajaran tentang pengembangan aplikasi mobile dengan menggunakan teknologi Apple.

Kali ini Apple Developer Academy membuat pameran karya mahasiswa internship. Mahasiswa yg internship merupakan gabungan dari beberapa kampus di Indonesia. Beberapa mahasiswa dari BINUS ASO juga berkesempatan melakukan internship di Apple Developer Academy. Beberapa karya/aplikasi yg menarik pada pameran tersebut adalah SpaceOut dan MemoTales.

 

Gambar 1. Proyek SpaceOut

 

SpaceOut adalah permainan papan berbasis tantangan yang juga terintegrasi dengan lancar pada aplikasi iOS di mana pemain harus menyelesaikan tantangan untuk mengungkap rahasia ritual seorang penyihir dan melarikan diri dari penyihir tersebut. Permainan ini menggabungkan dunia permainan papan fisik dengan teknologi digital. Memanfaatkan NFC untuk membuka teka-teki digital, memanfaatkan Speech-to-Text untuk memecahkan teka-teki, serta memanfaatkan potensi teknologi Vision untuk pemecahan teka-teki. Mahasiswa BINUS ASO yg terlibat dalam karya ini adalah James Jeremia dan Theresa Tiffany dari program Automotive & Robotics Engineering (ARE).

 

Gambar 2. Proyek MemoTales

MemoTales adalah sebuah aplikasi yang merupakan hasil kolaborasi dari Tim Pat'n Fren, menyajikan buku aktivitas cerita berbasis aplkasi iOS. Bukan sekadar aplikasi, MemoTales menjadi gerbang bagi orang tua dan anak-anak untuk menciptakan momen tak terlupakan bersama. Dengan cerita yang memikat, karakter yang berwarna-warni, dan mini-game pendidikan, MemoTales tidak hanya menghibur tetapi juga merangsang kolaborasi dan kesenangan. Aplikasi ini tidak hanya berfokus pada hiburan, melainkan juga pada pendidikan, memungkinkan orang tua berperan aktif dalam perkembangan kognitif dan motorik anak mereka, sambil menciptakan kenangan berharga. Mahasiswa BINUS ASO yg terlibat dalam karya ini adalah William Kindlien Gunawan dan Vickygoh dari program Automotive & Robotics Engineering (ARE).

Terima kasih Apple Developer Academy telah memberi kesempatan mahasiswa BINUS ASO dalam berkarya. Semangat...