Artificial Intelligence, Machine Learning, and Deep Learning

Understanding AI technologies and how they lead to smart applications

Artificial intelligence (AI) brings with it a promise of genuine human-to-machine interaction. When machines become intelligent, they can understand requests, connect data points and draw conclusions.

By Wayne Thompson, Hui Li and Alison Bolen

Source: https://www.sas.com/en_id/insights/articles/big-data/artificial-intelligence-machine-learning-deep-learning-and-beyond.html

Eventually, adapted and narrated by Dr. Eng. Ir. Zener Sukra Lie, S.T., M.T.;  ARE Team, BASE.

Industri 4.0 telah masuk, dan semua orang berbicara akan Artificial Intelligence, Machine Learning dan Deep Learning. Semua hal diatas menekankan pada bahwa kita akan menghadapi dunia oleh mesin-mesin cerdas yang pada tingkat tertingginya mereka dapat memahami permintaan, mengkaitkan hal satu dengan yang lainnya dan pada akhirnya menarik kesimpulan. Makna disini adalah kita, sebagai manusia zaman now akan berada pada tingkat kognisi baru di bidang kecerdasan buatan yang telah berkembang akan menjadi bagian yang berguna dalam hidup kita.

Kembali kepada topik, apakah perbedaan dari Artificial Intelligence, Machine Learning dan Deep Learning?

Machine Learning dan Deep learning adalah subbidang dari Artificial Intelligence. Bila kita telaah lebih mendalam maka ditemukan bahwa yang menjadi bagian dari AI itu adalah Machine Learning, Neural Network, Deep Learning, Computer Vision dan Natural Language Processing.

Machine Learning bertujuan untuk melakukan otomasi pada sebuah model analitik untuk menemukan informasi penting yang tersembunyi pada sekumpulan data. Neural Network adalah sejenis pembelajaran mesin yang terinsipirasi oleh cara kerja otak. Prinsip kerjanya adalah mencari sebuah koneksi dan mendapakan sebuah makna dari data yang tidak ditentukan.

Deep Learning menggunakan jaringan syaraf yang terdiri beberapa lapisan dalam pemrosesannya yang bertujuan untuk mempelajari pola yang kompleks dalam jumlah data yang besar. Computer Vision untuk pengenalan pola dan pembelajaran yang mendalam untuk mengenali gambar atau video. Natural Language Processing adalah kemampuan komputer untuk menganalisis, memahami dan menghasilkan bahasa manusia, termasuk ucapan yang selanjutnya mesin tersebut dapat melakukan interaksi dengan manusia.

Bila diringkas, machine learning didasarkan pada gagasan bahwa mesin harus dapat belajar dan beradaptasi melalui pengalaman. Sedangkan A.I mengacu pada gagasan yang lebih luas yang mana mesin mampu menjalankan tugasnya secara cerdas. Sehingga secara umum Artificial Intelligent atau A.I akan menerapkan machine learning, deep learning dan teknik lainnya untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Setelah mengetahui perbedaan A.I, Machine learning dan Deep learning, sekarang kuta harus menelaah dimanakah kita hari ini. Kenyataan yang pasti tentang A.I yaitu anda sudah mulai menemukan dalam kehidupan anda yang mungkin  pada saat ini belum anda rasakan.

Sebagai contoh ketika anda membuka sebuah aplikasi untuk berbelanja, secara otomatis mesin dapat memberikan informasi yang anda butuhkan, dan mungkin bisa menentukan keinginan anda dengan memberikan hal-hal yang anda sukai.

Teknologi terus berkembang, dan apakah kita akan tertinggal lagi atau bahkan kita terpedaya oleh mesin yang seharusnya menjadi bagian dari hidup kita. Akhir kata tujuan dari teknologi adalah untuk membantu manusia untuk menyelesaikan permasalahan bukan menghilangkan keberadaan manusia.