Despite over a century of the constantly improving automobile, there's still no perfect fix for blind spots that the auto industry has uniformly accepted. But that might be about to change thanks to an ingenious solution from an unlikely engineering hero who can't even drive.

Alaina Gassler, 14, of West Grove, Pennsylvania has designed a technology that makes the A-frame pillars of a car "see-through" by using projectors that cast images of what's really behind them onto their surfaces.

By Courtney Linder,
Source: https://www.popularmechanics.com/cars/car-technology/a29668880/eliminate-blind-spot/
Eventually, adapted and narrated by Dr. Eng. Ir. Zener Sukra Lie, S.T., M.T.;  ARE Team, BASE.

IDE dan INOVASI

Sebuah ide dan inovasi dapat muncul kapan saja dan dimana saja. Dan jikalau ide tersebut dilanjutkan menjadi sebuah projek bisa menjadi sebuah karya yang fenomenal. Sebagai contohnya adalah karya Alaina Gassler, 14 tahun (pada tahun 2019) dari Pennsylvania yaitu bagaimana memperbaiki titik buta pada mobil.

DETAIL DARI BLINDSPOT

Secara mendetail, berawal ketika melihat neneknya mengikis cat pada mobil yang diakibatkan menabrak tiang. Gassler menyadari bahwa titik buta pada mobil adalah sebuah permasalahan dan ia mencoba untuk mencari solusinya. Pada suatu kesempatan yaitu adanya kompetisi sains dan teknik "the Society for Science and the Public's Broadcom MASTERS (Math, Applied Science, Technology, and Engineering for Rising Stars)," Alaina Gassler adalah merancang sebuah teknologi yang membuat pilar A-frame mobil menjadi tembus pandang. Pada dasarnya adalah sebuah rekayasa teknologi berbasis proyektor; yaitu memasang sebuah kamera di luar pilar A, untuk merekam yang ada dibelakangnya dan kemudian mengirimkan file tersebut ke proyektor. Untuk proyektor sendiri diletakan di atap internal mobil yang secara lansung menampilkan gambar yang diblokir oleh pilar melaui file yang dikirimkan oleh kamera yang telah disebutkan sebelumnya.

PERMASALAHAN DAN SOLUSI

Kita seringkali melihat ada sebuah permasalahan tapi tidak menyadarinya. Jikalau sudah tahu ada permasalahan seringkali dibiarkan atau tidak mencari solusinya. Dan ketika sudah menemukan solusinya, rasa malas muncul. Hal ini yang seringkali menjadi sebuah bumerang dan bagaimana kita bisa maju jikalau hanya bisa bermimpi. Walau mimpi itu tidak dilarang.