Tim D'BASE berpose setelah menyelesaikan semua tahapan lomba Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024

 

Mandalika, 6 Juli 2024- D’BASE Team adalah perwakilan dari BINUS ASO School of Engineering yang berhasil menyelesaikan semua tahapan lomba Shell Eco-Marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kompetisinya sendiri dilaksanakan pada 2-6 Juli 2024.

Sebelumnya, D’BASE Team sudah mengikuti kompetisi di ajang yang sama beberapa kali dan berhasil lolos tahapan inspeksi hingga competition. Itulah yang membuat BINUS ASO terus bersemangat untuk mengirimkan delegasinya di acara Shell Eco-Marathon Asia-Pacific. Berikut kisah perjalanan D’BASE Team pada 2024 ini!

 

Performa Mobil Tim D'BASE di Shell Eco-Marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024

D’BASE Team adalah perwakilan dari BINUS ASO School of Engineering yang berpartisipasi dalam perhelatan akbar Shell Eco-Marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024, sebuah kompetisi internasional yang diikuti oleh lebih dari 78 tim dari 12 negara yang dihelat di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, NTB. Tak hanya berpartisipasi, tim ini juga berhasil membawa mobil di kategori Prototype dan Urban Concept hingga lolos tahap inspeksi terakhir. Hal itu membuktikan bahwa ilmu pengetahuan yang diajarkan di kampus tidak teoritis semata, tapi juga bisa diimplementasikan hingga menuai keberhasilan.

Selain membawa dua tim untuk berlaga di dua kategori lomba, BINUS ASO juga memilih dua jenis bahan bakar untuk kendaraannya, yaitu Internal Combustion Engine pada mobil Urban Concept dan Battery Electric untuk mobil di kategori Prototype. Mobil-mobil tersebut harus melintasi sirkuit sepanjang 4,3 km sebanyak tiga lap, dengan kecepatan rata-rata 25 km/jam. Pemenang akan ditentukan berdasarkan kecepatan dan sisa bahan bakar.

 

Main driver Navasena Prambanan, Nicholas Dominique bersama Team Manager D'BASE, Richard Julius Stephen.

Kerja Keras Tim D'BASE BINUS ASO School of Engineering Raih Posisi ke-7

Persiapan D’BASE Team dari BINUS ASO untuk mengikuti kompetisi Shell Eco-Marathon Asia-Pasific kali ini tidak main-main. Kedua tim yang mewakili kampus sudah mempelajari pemenang dari kompetisi-kompetisi pada tahun sebelumnya serta merancang desain kendaraan yang lebih baik dari mobil-mobil tersebut.

Selama proses perancangan pun D’BASE Team pun dibantu oleh berbagai pihak yang bekerja sama dengan BINUS ASO School of Engineering, baik dalam bentuk pasokan suku cadang maupun materi. Tim pun melakukan uji coba dan persiapan di berbagai situasi untuk membuktikan, apakah kendaraan bisa melewati berbagai kondisi atau tidak.

Hasilnya, pada kategori Prototype, kendaraan Navasena Prambanan bertenaga battery electric sukses meraih catatan jarak tempuh 324,6 kilometer per liter (km/l) pada percobaan ketiga dan menempati peringkat ke-7 dari 30 tim di subkategori ini. Nicholas Dominique, main driver Navasena Prambanan mengaku puas dengan raihan ini mengingat segala kendala yang dihadapi di pit menjelang kompetisi.

Apresiasi Kampus Terhadap Tim Mahasiswa

Pihak kampus sendiri sudah sangat bangga ketika ada perwakilan dari BINUS ASO School of Engineering pada ajang kompetisi internasional ini. Dosen yang menjadi pendamping D’BASE Team, Muhammad Nurul Puji mengaku bahwa dirinya selalu dibuat kagum oleh kreativitas mahasiswa setiap kali mengikuti Shell Eco-Marathon dari tahun ke tahun.

Harapan BINUS ASO untuk Masa Depan

Kontribusi BINUS ASO School of Engineering setiap mengikuti ajang kompetisi bertaraf internasional, khususnya Shell Eco-Marathon Asia-Pacific and the Middle East, dari tahun ke tahun tidak hanya untuk mempromosikan nama BINUS University ke kancah internasional, melainkan juga untuk mendukung pemerintah dalam menemukan kendaraan dengan daya pacu tercepat dan bahan bakar paling efisien. Dengan kata lain, BINUS University ingin menciptakan masa depan dunia yang lebih berkelanjutan lagi, terlebih melihat fenomena alam yang sudah semakin gawat.

 

BINUS ASO School of Engineering berhasil eksis dari tahun ke tahun dengan cara mengirimkan D’BASE Team di ajang Shell Eco-Marathon Asia-Pasific yang digelar sejak di Sirkuit Sepang, Malaysia sampai di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat sejak 2019 lalu hingga tahun ini. Keberhasilan D’BASE Team pada tahun ini juga konsisten lolos tahapan inspeksi tahap akhir.

Kontribusi BINUS ASO di ajang internasional semacam ini tidak hanya untuk mempromosikan namanya di kancah dunia, tapi juga sebagai bentuk dukungan untuk pemerintah dalam menyukseskan ekosistem yang lebih ramah lingkungan. ***