People Innovation Excellence
 

Apa itu E- Turbo ?

Bagi penggemar otomotif, kalian pasti sudah tidak asing dengan kata Turbocharger dan Supercharger kan? Turbocharger dan Supercharger adalah “pompa” untuk memasukan udara ke ruang pembakaran. Hal ini dilakukan agar jumlah oksigen yang masuk ke ruang pembakaran menjadi lebih banyak. Sehingga pembakaran menjadi efisien, mesin mobil menjadi lebih bertenaga dan rendah emisi.

Perbedaan turbocharger dan supercharger adalah turbocharger memanfaatkan gas buang untuk memutar turbin penghisap udara, sedangkan supercharger memanfaatkan putaran mesin untuk memutar turbin penghisap udara.

Kelemahan dari turbocharger adalah turbocharger belum aktif saat RPM mesin rendah. Ini terjadi karena gas buang yang dihasilkan oleh mesin juga rendah, sehingga tidak mampu memutar turbin (peristiwa ini dinamakan”Turbo Lag”).

Kelemahan dari supercharger adalah supercharger mengandalkan putaran mesin untuk bekerja, sehingga memberikan beban tambahan ke putaran mesin. Hal ini membuat mesin lebih boros bahan bakar karena membutuhkan tenaga lebih untuk bekerja.

Ada banyak metode yang sudah dilakukan produsen mobil untuk mengurangi Turbo Lag. Metode tersebut adalah Twincharger, twin-turbo, dan variable turbocharger. Saya sendiri tertarik akan hal ini, dan saya memiliki keinginan untuk membuat inovasi dalam menghilangkan Turbo Lag. Saya mendapatkan ide dari kipas angin, dan sistem tersebut saya beri nama E-Turbo (Electric Turbo).

Bagaimana cara kerja E-Turbo? Saat mesin berputar pada RPM rendah, putaran turbin akan dibantu oleh  putaran dinamo yang sumber tenaganya berasal dari baterai. Saat mesin berputar pada RPM tinggi, dinamo sudah tidak aktif lagi dan turbin sepenuhnya berputar menggunakan dorongan dari gas buang.

Sumber :

Gran Turismo : Beyond the Apex

 

William Winata / ARE / 2101638090


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close
    View Help Hide Help