Keamanaan berkendaraan memegang peranan yang sangat penting. Keamaan menggunakan pendekatan biometric dan sistem personalized in car merupakan tren dibidang automotive sampai tahun 2020 [1]. Sehingga menjadi sangat jelas kedepan keamanan menggunakan biometric dan mobil yang mengerti kebiasaan pemiliknya akan sangat dibutuhkan. Tututan pengguna terhadap tingkat keamaan kendaaran semakin meningkat[2]. Teknik pengenalan pengguna secara umum dibagi dalam tiga bagian, knowledge based, token based dan biometric based. Dalam artikel kali ini akan dibahas lebih dalam kearah biometric based. Sistem pengenalan manusia berdasarkan biometric diantaranya yang akan dibaas dalam artikel ini adalah, pengenalan manusia berdasarkan wajah, pengenalan berdasarkan sidik jadi dan pengenaln berdasarkan suara manusia [3]. Dalam artikel ini juga akan dibahas keuntungan dan kerugian dari setiap metode pengenalan manusia bersadarkan wajah, sidik jari dan suara, seperti yang ditunjukan dalam Table 1[4].

Table 1. keuntungan dan kerugian tiga jenis pengenalan fisik biometrics [4].

Jenis pengenalan biometrics keuntungan kerugian
Pengenalan wajah ·   Sistem tidak terpengarui pada lingkungan yang berisik (noise environment).

·   Tidak diperlukan kontak langsung dengan pengguna.

·   Pemantauan insiden keamanan dengan foto yang diambil oleh kamera,tapi tidak ada bukti seperti dengan teknologi sidik jari untuk melacak ini
insiden.

 

·   Pengenalan wajah tidak bekerja efektif pada tempat dengan pencahayaan yang lemah,kacamata hitam/kacamata, rambut panjang, atau benda-benda lain sebagian menutupi wajah subjek.

·   Sistem menjadi kurang efektif jika ekspresi wajah bervariasi.

·   Sistem menjadi tidak efektif untuk gambar dengan solusi yang rendah.

Pengenalan sidik jari ·   Pola sidik jari memiliki karakteristik individual yang unik dan tetap sama dari waktu ke waktu.

·   tidak harus diingat seperti password, sehingga tidak akan hilang atau tertinggal.

·   mudah untuk digunakan bersama dengan tinggi verifikasi kecepatan proses dan akurasi.

·   Sidik jari tidak pribadi. Sangat berbahaya jika tertinggal sidik jadi ditempat umum.

·   Karena sidik jari hanya memindai
satu bagian dari jari seseorang, hal itu mungkin
rentan terhadap kesalahan.

 

Pengenalan suara ·   Suara sebagai masukan yang alami karena sudah melekat pada diri seseorang.

·   Mayoritas orang dapat berbicara lebih
cepat dibandingkan dengan yang mereka dapat
mengetik dengan lebih sedikit kesalahan.

 

·   Suara mudah terganggu oleh noise disekitarnya.

·   Pengambilan suara hanya akan baik jika mkropone dekat dengan peguna, jika jauh maka kemngkinan kesalahan akan besar.

 

 

Contributor : Winda Astuti

Referensi:

[1]      Karl Brauer, “Top 10 Advanced Car Technologies by 2020,” Forbes, 2015. [Online]. Available: http://www.forbes.com/sites/kbrauer/2015/01/19/top-10-advanced-car-technologies-by-2020/#329e2449b938. [Accessed: 23-Aug-2016].

[2]      K. Sharma, “Review of Study on Comparative Analysis of Biometric Authentication Security for M-commerce,” vol. 4, no. 1, pp. 1161–1165, 2017.

[3]      N. Kiruthiga1 and L. Latha2, “A Study of Biometric Approach for Vehicle Security System Using Fingerprint Recognition,” Int. J. Adv. Res. Trends Eng. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 10–16, 2014.

[4]      R. Saini and R. Narinder, “Comparison of Various Biometric Methods,” Int. J. Eng. Sci. Technol., vol. 2, no. I, pp. 24–30, 2014.